MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 200111 PADANGSIDIMPUAN

  • Nurbaiti . Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Monica Theresia Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Pendidikan Matematika Realistik, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV 200111 Padangsidimpuan melalui Pendidikan Matematika Realistik.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas IV 200111 Padangsidimpuan tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 38 siswa, terdiri dari 26 siswa laki- laki dan 12 siswa perempuan. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan tes.Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi dan soal tes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan matematika realistik dapat meningkatkan proses dan hasil belajar matematika siswa kelas IV 200111 Padangsidimpuan. Peningkatan aktivitas pembelajaran menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik (PMR) dapat dilihat pada akhir siklus I yaitu aktivitas siswa mencapai kualifikasi baik dengan taraf keberhasilan 80% kemudian meningkat pada akhir siklus II yaitu aktivitas siswa mencapai kualifikasi sangat baik dengan taraf keberhasilan 100%.Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai yang diperoleh siswa.Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 69 meningkat pada siklus II menjadi 78. Jumlah siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus I sebanyak 23 siswa atau sebesar 61% pada siklus II meningkat menjadi 35 siswa atau sebesar 92%.

Published
2019-07-04
How to Cite
., N., & Theresia, M. (2019, July 4). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 200111 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(02), 127-134. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1239