EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GI (GROUP INVESTIGATION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran GI terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada topik persamaan linier dua variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 28 siswa dan mereka diambil dengan menggunakan teknik cluster sampling. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, dapat ditemukan (a) rata-rata model pembelajaran GI (Group Investigation) adalah 3,9 (kategori sangat baik) dan b) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada topik persamaan linier dua variabel sebelum menggunakan model pembelajaran GI adalah 53,75 (kategori kurang) dan setelah menggunakan model pembelajaran GI adalah 79,10 (kategori baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest dan bantuan SPSS versi 22 menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan dengan menggunakan. Artinya, model pembelajaran GI efektif pada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada topik persamaan linier dua variabel pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Angkola Timur.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.