EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODELPEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI PONPES AL-MUKHTARIYYAH SUNGAI DUA
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Abstrack
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat keefektivan antara penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi yang terdiri dari 3 ruangan yang berjumlah 128 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling.Dengan menggunakan teknik tersebut yang terpilih kelas VIII-b yang berjumlah 42 siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain one Grup Pretest Posttest Design, yakni untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan pengukuran sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan.Pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi, RPP, Tes.Untuk menganalisis data digunakan Analisis Deskriptif dan Statistik Inferensial.Berdasarkan hasil perhitungan pada analisis statistik menggambarkan bahwa nilai rata-rata penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) yaitu 3,33 termasuk dalam kategori “ Sangat Baik”. Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) nilai rata-rata 61,65 termasuk dalam kategori “Cukup” setelah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) mencapai nilai rata-rata sebesar 79,66 termasuk dalam kategori “Baik”.Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Artinya “kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas VIII Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua Portibi dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).
Kata kunci : Think Pair Share (TPS), Kemampuan Pemecahan Masalah siswa.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.