EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Rahmadani Nasution Eva Yanti Siregar Roslian Lubis

Abstrak

Abstrak


 


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya efektivitas yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) ditinjau dari kemampuan berpikir kritis siswa di SMK Negeri 1 Batang Angkola. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 ruangan yang berjumlah 135 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan simple random sampling. Metode eksprimen dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design, yakni untuk melihat kemampuan berpikir kritis siswa dengan model pembelajaran problem based learning (PBL). Data yang digunakan observasi dan tes. Analisis deskriptif, analisis statistik inferensial digunakan untuk menganalisis data. Berdasarkan perhitungan pada analisis statistik menggambarkan bahwa nilai rata-rata model pembelajaran problem based learning 2,94 termasuk dalam kategori “Baik”. Kemampuan berpikir kritis siswa model pembelajaran problem based learning (PBL), mencapai nilai rata-rata 92 termasuk dalam kategori “Sangat Baik”. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,005. Artinya terdapat efektifitas yang signifikan antara model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di Kelas X SMK Negeri 1 Batang Angkola.


 


Kata kunci: model PBL, kemampuan berpikir kritis siswa

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
Nasution, R., Siregar, E., & Lubis, R. (2020, Februari 28). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DITINJAU DARI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMK NEGERI 1 BATANG ANGKOLA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 79 - 86. Diambil dari https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1364
Bagian
Articles