PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP NEGERI 5 MEDAN

  • Veri Pramudia Fadli STKIP Padang Lawas
Keywords: Pemahaman Matematis, Disposisi Siswa, Pendekatan Realistik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Apakah terdapat perbedaan kemampuan pemahaman matematis siswa melalui pendekatan realistik dengan pendekatan Inkuiri di SMP Negeri 5 Medan?, 2) Apakah terdapat perbedaan disposisi siswa melalui pendekatan realistik dengan pendekatan Inkuiri di SMP Negeri 5 Medan. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini  siswa SMP Negeri  5 Medan. Sampel yang diambil adalah sebanyak 2 kelas dari seluruh kelas VII di SMP Negeri 5 Medan. 1 kelas sebagai kelas eksperimen 1 (VII-1) yaitu kelas yang diajar dengan pendekatan realistik, dan 1 lagi merupakan kelas eksperimen 2 (VII-2) yaitu kelas yang diajar dengan pendekatan inkuiri. Desain Penelitian ini mengambil dua kelas paralel secara acak yang representatif dari populasi dengan menerapkan pembelajaran yang berbeda. Temuan penelitian menunjukkan bahwa Terdapat perbedaan kemampuan pemahaman dengan model pembelajaran berbeda. Hasil analisis covarians (ANACOVA) untuk Fhitung adalah 16,348 lebih besar dari Ftabel adalah 4,01 dan konstanta regresi untuk pembelajaran yang di ajarkan pendekatan realistik adalah 26,607 lebih besar dari pembelajaran yang di ajarkan pendekatan inkuiri  yaitu 19,898. Terdapat perbedaan disposisi siswa yang diajar melalui pendekatan realistik dengan siswa yang diajar melalui pendekatan inkuiri. Hal ini terlihat dari hasil uji Mann-Wahitney skala disposisi siswa dengan nilai min untuk tes awal kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu 31,37 dan 29,63 dan min untuk tes akhir kelompok eksperimen 1 dan eksperimen 2 yaitu 35,83 dan 25,17.

Published
2020-02-28
How to Cite
Fadli, V. (2020, February 28). PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI SISWA MELALUI PENDEKATAN REALISTIK DENGAN PENDEKATAN INKUIRI DI SMP NEGERI 5 MEDAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(1), 105 - 116. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1597