PENGARUH MOTIVASI,MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Laili Habibah Pasaribu

Abstrak

Tujuan dan rumusan masalah dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi, minat belajar dan lingkungan terhadap prestasi belajar matematika siswa. Metode penelitian ini adalah penelitian deskrifptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 87 siswa yang diambil dari jumlah populasi data dan dapat mewakili seluruh populasi dengan rumus slovin. Hasil dari penelitian ini diuji dengan Uji korelasi berganda menghasilkan nilai Fhitung sebesar 87.469 pada taraf  sig 0.000 yang berarti signifikan. Dari daftar distribusi F dengan dk pembilang 1 dan dk penyebut (n-4)= 83 pada taraf nyata α= 0.05 diperoleh F tabel =4.04. maka disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dengan ketentuan nilai Fhitung > Ftabel = 87.469 >4.04.  dengan diperoleh seperti itu maka peneliti menyimpulkan bahwa prestasi seorang siswa itu sangat berpengaruh kepada minat belajarnya, motivasi belajarnya juga harus semangat. Selain dari dua faktor tersebut prestasi siswa juga sangat besar pengaruhnya terhadap lingkungan tempat dimana seorang siswa tersebut berada.

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

Bagian
Articles