PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION KELAS VIII DI SMP SWASTA TAPIAN NAULI
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penggunaan model problem based instruction dengan materi Teorema Pythagoras pada siswa kelas VIII SMP swasta Tapian Nauli. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 25 siswa sebagai subjek. Instrumen penelitian adalah tes, angket, dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama menunjukkan (a) tes menunjukkan prestasi siswa pada materi Teorema Pythagoras adalah 75,9, (b) lembar observasi menunjukkan rata-rata aktivitas siswa adalah 58,13, dan (c) pengamatan guru kelas menunjukkan kemampuan peneliti dalam menggunakan model problem based instruction adalah 100. Selanjutnya, siklus kedua menunjukkan (a) tes menunjukkan prestasi siswa pada materi Teorema Pythagoras adalah 84,60, (b) lembar observasi menunjukkan rata-rata kegiatan siswa adalah 80,27, dan (c) pengamatan guru kelas menunjukkan kemampuan peneliti dalam menggunakan model problem based instruction adalah 100. Disimpulkan bahwa model problem based instruction mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui penggunaan model problem based instruction pada materi teorema Pythagoras di kelas VIII siswa SMP swasta Tapian Nauli.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.