EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN

  • Ester Simare-Mare ipts
  • Sinar Depi Harahap
  • Nunik Ardiana
Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model pembelajaran discovery  efektif pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan materi balok pada siswa kelas delapan SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 27 siswa sebagai sampel dan mereka diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling dari 258 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model discovery learning adalah 3,84 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi balok sebelum menggunakan model discovery learning adalah 63,33 (kategori cukup) dan setelah menggunakan model discovery learning adalah 83,67 (kategori sangat baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttest, (SPSS versi 17), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) ). Artinya, model learning discovery efektif digunakan pada kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan materi  balok pada siswa kelas delapan SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.

Diterbitkan
2020-06-26
##submission.howToCite##