PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING DI SMP SWASTA TAPIAN NAULI

  • Nelli Rambe ipts
  • Nunik Ardiana
  • Muhammad Syahril Harahap
Kata Kunci: peningkatan, pengajuan masalah, kemampuan penalaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penggunaan model problem posing dengan topik kubus pada siswa kelas VIII SMP swasta Tapian Nauli. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 25 siswa sebagai subjek. Instrumen penelitian adalah tes, angket, dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama menunjukkan (a) tes menunjukkan rata-rata kemampuan siswa pada materi Luas Permukaan kubus adalah 74,25, (b) angket menunjukkan rata-rata kegiatan siswa adalah 64,40, dan (c) observasi guru kelas menunjukkan kemampuan peneliti dalam melakukan penggunaan model problem  posing adalah 100. Selanjutnya, siklus kedua menunjukkan (a) tes menunjukkan kemampuan siswa pada materi volume kubus adalah 87, (b) angket menunjukkan rata-rata kegiatan siswa adalah 87,60 dan (c) observasi guru menunjukkan kemampuan peneliti dalam melakukan penggunaan model problem posing 100. Disimpulkan bahwa model problem posing mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan topic kubus pada siswa di kelas VIII SMP swasta Tapian Nauli.

Diterbitkan
2020-06-26