PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PROBLEM POSING DI SMP SWASTA TAPIAN NAULI
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa melalui penggunaan model problem posing dengan topik kubus pada siswa kelas VIII SMP swasta Tapian Nauli. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 25 siswa sebagai subjek. Instrumen penelitian adalah tes, angket, dan observasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Siklus pertama menunjukkan (a) tes menunjukkan rata-rata kemampuan siswa pada materi Luas Permukaan kubus adalah 74,25, (b) angket menunjukkan rata-rata kegiatan siswa adalah 64,40, dan (c) observasi guru kelas menunjukkan kemampuan peneliti dalam melakukan penggunaan model problem posing adalah 100. Selanjutnya, siklus kedua menunjukkan (a) tes menunjukkan kemampuan siswa pada materi volume kubus adalah 87, (b) angket menunjukkan rata-rata kegiatan siswa adalah 87,60 dan (c) observasi guru menunjukkan kemampuan peneliti dalam melakukan penggunaan model problem posing 100. Disimpulkan bahwa model problem posing mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan topic kubus pada siswa di kelas VIII SMP swasta Tapian Nauli.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.