EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah menggunakan model pembelajaran GI efektif pada kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik kubus pada siswa kelas delapan SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan 28 siswa sebagai sampel dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 259 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran GI adalah 3,18 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik kubus sebelum menggunakan model pembelajaran GI adalah 62,38. (kategori cukup) dan setelah menggunakan model pembelajaran GI adalah 81,07 (kategori sangat baik). Selanjutnya,tes, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, menggunakan model pembelajaran GI efektif digunakan pada kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik kubus pada siswa kelas delapan SMP Negeri 5 Padangsidimpuan.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.