EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Rahel Situmeang ipts
  • Rahmatika Elindra
  • Muhammad Syahril Harahap
Keywords: flipped classroom learning model, students’ creative thinking ability

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran kelas terbalik pada kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan eksperimen (one group pre test post test design) dengan 27 siswa sebagai sampel dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 169 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan model pembelajaran kelas terbalik adalah 3,66 (kategori baik) dan (b) rata-rata kemampuan berpikir kreatif siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kelas terbalik adalah 40,19 (kategori gagal) dan setelah menggunakan model pembelajaran terbalik kelas adalah 79,93 (kategori baik). Selanjutnya, dengan menggunakan pair sample ttes  dan N-Gain, hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05) dan g = 0,81. Itu berarti menggunakan model pembelajaran terbalik kelas memiliki media yang efektif pada kemampuan berpikir kreatif siswa.

Published
2021-07-01
How to Cite
Situmeang, R., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021, July 1). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASROOM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 278-284. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.1793