PERBEDAAN MOTIVASI SISWA SMK N. 1 BARUMUN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH

  • Minarti Juliana STKIP Padang Lawas
Keywords: TPS, Kemampuan Komunikasi, Autograph

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan motivasi belajar antara siswa yang
diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan pembelajaran tipe think pair share berbantuan
software autograph, (2) proses jawaban siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan
pembelajaran think pair share berbantuan software autograph. Penelitian ini merupakan penelitian
eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N.1 Barumun. Dan sampel
penelitian ini adalah kelas X1 dan X2 TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Analisis data dilakukan dengan
analisis deskriptif dan analisis covarian (ANACOVA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat
perbedaan motivasi belajar antara siswa yang diberi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan
pembelajaran tipe think pair share berbantuan software autograph. Hal ini terlihat dari hasil ANACOVA
diperoleh Fhitung 9,802 > Ftabel = 4,01 Konstanta persamaan regresi untuk pembelajaran jigsaw yaitu
65,656 lebih besar dari tipe think pair share yaitu 60,166. (2) Proses penyelesaian jawaban siswa dengan
pembelajaran jigsaw lebih baik karna hampir semua siswa bisa menyelesaikan soal dengan memenuhi
indikator dibandingkan dengan pembelajaran tipe think pair share.

Published
2020-06-25
How to Cite
Juliana, M. (2020, June 25). PERBEDAAN MOTIVASI SISWA SMK N. 1 BARUMUN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN TIPE THINK PAIR SHARE BERBANTUAN SOFTWARE AUTOGRAPH. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(2), 11-14. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1819