EFEKTIVITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA DI KELAS X SMA NEGERI 1 SIBABANGUN
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan efektivitas menggunakan pendekatan terbuka terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik statistik pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini dilakukan dengan menerapkan metode eksperimen (one group pretest post test design) dengan sampel 34 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari 178 siswa. Observasi dan tes digunakan dalam mengumpulkan data. Berdasarkan analisis deskriptif, ditemukan: (a) rata-rata menggunakan pendekatan terbuka adalah 3,7 (kategori sangat baik) dan (b) rata-rata pencapaian statistik siswa sebelum menggunakan pendekatan terbuka adalah 56,98 (kategori adil) dan setelah menggunakan pendekatan terbuka adalah 80,33 (kategori sangat baik). Selanjutnya berdasarkan statistik inferensial dengan menggunakan pair sample ttes, (SPSS versi 22), hasilnya menunjukkan nilai signifikan kurang dari 0,05 (0,000 <0,05). Artinya, pendekatan terbuka efektif terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada topik statistik pada siswa kelas sepuluh SMA Negeri 1 Sibabangun.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
 
							