UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARANMATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

  • Wiwik Novitasari Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Fitriani . Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
  • Syarifah Tulmardiah Nasution Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan
Keywords: kemampuan penalaran matematis siswa, model pembelajaran matematika knisley (MPMK) dan matriks

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) pada pokok bahasan matriks. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IA2 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Hasil persentase tes kemampuan penalaran matematis siswa pada siklus I sebesar 46,67% menjadi 86,67% pada siklus II dan peningkatan jumlah persentase peningkatan tes kemampuan penalaran matematis siswa sebesar 40%. Aktivitas siswa dalam belajar meningkat, hal ini diperoleh dari persentase 63,71% pada siklus I dan 81,03% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 17,32%. Kinerja guru dalam mengelola kelasmeningkat  dengan perolehan persentase pada siklus I sebesar 78,76% dan 98,87% pada siklus II dengan peningkatan sebesar 20,11%. Hasil akhir dari penelitian ini adalah memperlihatkan bahwa model pembelajaran matematika Knisley (MPMK) dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada pokok bahasan matriks di kelas XI-IA 2 SMA Negeri 6 Padangsidimpuan.

Published
2020-11-03
How to Cite
Novitasari, W., ., F., & Nasution, S. (2020, November 3). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARANMATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KNISLEY (MPMK) DI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 132 - 141. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2250