Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Palembangan

  • Rizki Putri Mayari UIN Raden Fatah Palembang
  • Yuli Fitrianti Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Muslimahayati Muslimahayati Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
Kata Kunci: Development, Math problems, PISA model, Palembang context

Abstrak

Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik atau literasi matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap preliminary  (persiapan  dan  pendesainan)  dan  tahap  prototyping  menggunakan  alur  desain formative evaluation meliputi tahap self evaluation, expertreview, one-to-one , small group dan field test. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kevalidan dan kepraktisan soal matematika model  PISA  menggunakan konteks Palembang. Serta  memiliki efek  potensial  terhadap  hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah sekolah SMP Negeri 22 palembang di kelas VIII.1 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menghasilkan: 1). Soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang yang tergolong valid. 2). Soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang yang tergolong praktis. 3). Bagaimana kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang.

Diterbitkan
2022-03-01