Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Menggunakan Konteks Palembangan
Abstrak
Pengembangan soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan matematis peserta didik atau literasi matematika peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang terdiri dari tahap preliminary (persiapan dan pendesainan) dan tahap prototyping menggunakan alur desain formative evaluation meliputi tahap self evaluation, expertreview, one-to-one , small group dan field test. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kevalidan dan kepraktisan soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang. Serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Adapun yang menjadi subjek pada penelitian ini adalah sekolah SMP Negeri 22 palembang di kelas VIII.1 yang berjumlah 29 orang. Penelitian ini menghasilkan: 1). Soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang yang tergolong valid. 2). Soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang yang tergolong praktis. 3). Bagaimana kemampuan literasi matematika siswa setelah menggunakan soal matematika model PISA menggunakan konteks Palembang.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.