PERSEPSI ORANG TUA SISWA SMP TENTANG PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA

PERSEPSI ORANG TUA SISWA SMP TENTANG PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA

  • Tiarmada Nestoria Tumanggor Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Zulfadli Nasution Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Muhammad Syahril Harahap Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui bagaimana gambaran persepsi orang tua siswa kelas VIII-C SMP Negeri 2 Manduamas tentang pembelajaran daring. Penelitian ini dilaksanakan di kecamatan Manduamas. Metode penelitian yang digunakan metode kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh orang tua siswa di kelas VIII-C SMP Negeri 2 Manduamas yang berjumlah 30 orang.  Sampel dalam penelitian ini berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket. Teknik analisis data adalah deskriptif. Hasil penelitian yang dilakukan diketahui nilai mean sebesar 3.16 dan nilai median sebesar 3.38, nilai modus adalah sebesar 3.28. Gambaran persepsi orangtua siswa kelas VIII-C pada aspek perhatian diperoleh nilai rata-rata sebesar 3.13 yakni berada pada katagori sangat baik. Gambaran persepsi orangtua siswa kelas VIII-C pada aspek tanggapan (respon) diperoleh nilai rata-rata 3.20 yakni berada pada katagori sangat baik. Gambaran persepsi orangtua siswa kelas VIII-C pada aspek Penilaian diperoleh nilai rata-rata 3.14 berada pada katagori sangat baik.

References

Abu Ahmadi, 2012. Psikologi Umum, Surabaya: Bina Ilmu.
Laksmi, Dewi. 2017. Rancangan Program Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Pada Mata Kuliah Kurikulum Pem-Belajar Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Edutech, Vol.16, No.2, Juni 2017.
Atiqoh, Lia Nur Bela Dina. 2020. Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Volume 2 Nomor 1 Tahun 2020.
Nika Cahyati. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. Vol. 04 No. 1,
Nurapni, Popy. 2010. Mengenal Tulisan Jurnalistik, Jakarta: Multi KreasiSatudelapan.
Permana, Gerry Krista. 2016. PersepsiSiswa dan Guru TerhadapPelaksanaanPembelajaranBerbasis E-Learning di SMK Negeri 4 Jakarta. JurnalJurusan Teknik SipilFakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta.Mei 2018.
Safitri, Irwina. 2015. Persepsi Orang Tua Murid tentang Pendidikan dan Dukunga Menyekolahkan Anak (Studi Kasus SMP Negeri 1 Jambu Kabupaten Semarang). Jurnal Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Vol.1, No. 1, Mei 2015.
Simanjuntak, D. R., Ritonga, M. N., & Harahap, M. S. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh. Mathematic Education Journal)MathEdu, 3(3), 142–146. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Siregar, Nina Siti Salmaniah. 2013. Persepsi Orang Tua terhadap Pentingnya Pendidikan Bagi Anak. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Sosial Politik, Vol.1, No.1, April 2013.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.
Sofyana, Lacjuba. 2019. Pembelajaran Daring KombinasiBerbasisWhatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik InformatikaUniversitas PGRI Madiun.JurnalUniversitas PGRI MadiunVol.8, No 1.Juni 2019.
Steede. Kevin. 2007. 10 Kesalahan Orang Tua dalam Mendidik Anak. Jakarta: Tangga Pustaka.
Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi, 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Valeza, Alsi R. 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Skripsi: UIN Raden Intan Lampung.
Yamanda, Mutiara. 2018. Persepsi Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Bantunan Kecamatan Pajar Bulan Kabupaten Lahat. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sriwijaya.
Published
2021-07-01
How to Cite
Tumanggor, T., Nasution, Z., & Harahap, M. (2021, July 1). PERSEPSI ORANG TUA SISWA SMP TENTANG PEMBELAJARAN DARING MATA PELAJARAN MATEMATIKA. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 269-303. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2538