ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

  • Tumeal Duri Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Kemampuan Berpikir Kritis, Pandemi covid-19, Hitung Garis dan Barisan Aritmatika

Abstract

The aim of study is to know the students’ mathematics critical thinking ability on the topic of lines and sequences arithmetic in pandemic Covid-19 period at SMA Negeri 1Padang Bolak. The approach of the research used qualitative descriptive and data analysis technique includes data reduction, data presentation, and taking conclusion. Instrument of the research used test and semistructure interview. the result of the research shows the average of students’ mathematics critical thinking ability on the topic of lines and sequences arithmetic in SMA Negeri 1 Padang Bolak  is 67.26 (enough category). Only 8 from 10 students are able to answer three question completely and the rest are able to answer one from three questions.

 

References

Ahmad, Marzuki dan Nasution, Dwi Putria. 2018. Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang. Hal. 83-95.
Ahmad, Marzuki. 2016. Aktivitas Aktif Siswa dalam Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jurnal Education and development STKIP Tapanuli Selatan. Vol. 2 No. 5. Hal. 45-51.
Apriadi, M. A., Elindra, R., & Harahap, M. S. (2021). MATEMATIS SISWA SEBELUM DAN SESUDAH MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal MathEdu, 4(1), 133–144.
Charli, Leo. 2018. Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Suhu dan Kalor di Kelas X SMA Ar-Risalah Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2016/2017. Journal of Education and Instruction (JOEAI). Volume 1, No. 1. Hal. 42-52.
Harahap, Masridah. 2021. Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. Gunungtua. 15 menit.
Hardiningrum, Rikha Setyati. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-kecamatan Ngluwar Kabupaten Magelang. Jurnal Pendidikan Guru SekolahDasar.
Jamal, Fakhrul. 2014. Analisis Kesulitan Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Matematika pada Materi Peluang Kelas XI IPA SMA Muhammadiyah Meulaboh Johan Pahlawan. Jurnal Maju (Jurnal Pendidikan Matematika). Vol. 1, No. 1. Hal. 18-36.
Mahmuzah, Rifaatul. 2015. Peningkatan Kemampuan Berpiki Kritis Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Possing. Jurnal Peluang. Volume 4, Nomor 1. Hal. 64-72.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Zein, Afrizal. 2020. Pendeteksian Virus Corona dalam Gambar X-Ray Menggunakan Algoritma Artificial Intelligence dengan Deep Learning Python. Jurnal Teknologi Informasi Esit. Vol. XV No. 01. Hal. 19-23.
Published
2021-11-01
How to Cite
Duri, T., Lubis, R., & Ahmad, M. (2021, November 1). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(3), 407-412. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i3.2578