PERAN ORANG TUA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN III KECAMATAN SOSORGADONG
PERAN ORANG TUA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN III KECAMATAN SOSORGADONG
Abstrak
Latar belakang penelitian ini adalah pandemi Covid-19 yang menyebabkan siswa merasa bosan dalam belajar. Hal ini menuntut orang tua membantu siswa dalam belajar di rumah dan memberikan motivasi agar siswa dapat berprestasi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada periode pandemi Covid-19 di Lingkungan III Kecamatan Sosorgadong. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan subjeknya adalah seluruh siswa (SMP) di Lingkungan III Kecamatan Sosorgadong. Angket dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada periode pandemi Covid-19 meliputi mendampingi, mengontrol, mengawasi siswa dalam proses belajar mengajar, dan melengkapi fasilitas siswa.
Referensi
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Haerudin. 2020. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah
Sebagai Upaya Memutus Covid-19.
Hamdu, Ghullam. Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi
Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume XII Tahun 2020.
Mardiyah. 2015. Peran orang tua dalam pendidikan agama terhadap pembentukan kepribadian
anak. Jurnal kependidikan. Volume III tahun 2020.
Oktaviani, Sita. dkk. 2017. Peranan orang tua terhadap upaya perlindungan kesehatan reproduksi
di desa margoyoso kecamatan sumberejo kabupaten twanggamus lampung.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.
Ratumanan, Tanwey Gerson dan Tetelepta, yosep. 2019. Analisis pembelajaran matematika
berdasarkan kurikulum 2013
Rumbewas, Selfia, dkk. 2018. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta
Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains. Volume II Tahun 2020; 201-212.
Ruseffendi. 2006. Pengertian Pembelajaran Matematika.
http://fatkhanweb.id/pengertianpembelajaranmatematika/ Diakses pada tanggal 10
Februari 2021
Sanjaya. 2009. Pengertian Pembelajaran Matematika.
http://fatkhawanweb.id/pengertianpembelajaranmatematika/ Diakses pada tanggal 10
Februari 2021
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suhendri. 2018. Matematika menurut para ahli. https://mathirfanely.Wordpress.Com/matematikamenurut-para-ahli/. Diakses 11 februari 2021.
Suherman. 2018. Matematika menurut para ahli. https://mathirfanely.Wordpress.Com/matematikamenurut-para-ahli/ Diakses 11 februari 2021.
Yamin, Martinis. Kiat Membelajarkan Siswa. 2007. Jakarta: Gaung Persada Press
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.