PERAN ORANG TUA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN III KECAMATAN SOSORGADONG

PERAN ORANG TUA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN III KECAMATAN SOSORGADONG

  • Maswaras Hari Hutagalung Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Zulfadli Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Kata Kunci: the role of the parents, mathematic learning motivation, Covid-19 pandemic

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah pandemi Covid-19 yang menyebabkan siswa merasa bosan dalam belajar. Hal ini menuntut orang tua membantu siswa dalam belajar di rumah dan memberikan motivasi agar siswa dapat berprestasi secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada periode pandemi Covid-19 di Lingkungan III Kecamatan Sosorgadong. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan subjeknya adalah seluruh siswa (SMP) di Lingkungan III Kecamatan Sosorgadong. Angket dan wawancara digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa pada periode pandemi Covid-19 meliputi mendampingi, mengontrol, mengawasi siswa dalam proses belajar mengajar, dan melengkapi fasilitas siswa.

Referensi

Arief, Habibah Sukmini, dkk. 2016. Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan ProblemBased Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah. Volumel II Tahun 2020.
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Haerudin. 2020. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Selama Pembelajaran di Rumah
Sebagai Upaya Memutus Covid-19.
Hamdu, Ghullam. Agustina, Lisa. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi
Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Volume XII Tahun 2020.
Mardiyah. 2015. Peran orang tua dalam pendidikan agama terhadap pembentukan kepribadian
anak. Jurnal kependidikan. Volume III tahun 2020.
Oktaviani, Sita. dkk. 2017. Peranan orang tua terhadap upaya perlindungan kesehatan reproduksi
di desa margoyoso kecamatan sumberejo kabupaten twanggamus lampung.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,
PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka Media.
Ratumanan, Tanwey Gerson dan Tetelepta, yosep. 2019. Analisis pembelajaran matematika
berdasarkan kurikulum 2013
Rumbewas, Selfia, dkk. 2018. Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta
Didik di Sd Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains. Volume II Tahun 2020; 201-212.
Ruseffendi. 2006. Pengertian Pembelajaran Matematika.
http://fatkhanweb.id/pengertianpembelajaranmatematika/ Diakses pada tanggal 10
Februari 2021
Sanjaya. 2009. Pengertian Pembelajaran Matematika.
http://fatkhawanweb.id/pengertianpembelajaranmatematika/ Diakses pada tanggal 10
Februari 2021
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suhendri. 2018. Matematika menurut para ahli. https://mathirfanely.Wordpress.Com/matematikamenurut-para-ahli/. Diakses 11 februari 2021.
Suherman. 2018. Matematika menurut para ahli. https://mathirfanely.Wordpress.Com/matematikamenurut-para-ahli/ Diakses 11 februari 2021.
Yamin, Martinis. Kiat Membelajarkan Siswa. 2007. Jakarta: Gaung Persada Press
Diterbitkan
2021-11-01