PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT DALAM MEMBELAJARKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA: ANALISIS VALIDITAS PERANGKAT PEMBELAJARAN

  • Marzuki Ahmad Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Toharuddin Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Dwi Putria Nasution SMA Negeri 2 Padangsidimpuan
Kata Kunci: Validitas, Perangkat Pembelajaran, Kooperatif tipe NHT, Berpikir Kritis

Abstrak

Perangkat pembelajaran merupakan bagian dari pendukung suasana pembelajaran agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Tanpa didukung perangkat pembelajaran yang baik sangat sulit menciptakan pembelajaran yang efektif. Untuk menjamin keterlaksanaan pembelajaran yang baik dibutuhkan  perangkat pembelajaran yang memenuhi barbagai aspek salah satunya adalah validitas perangkat pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat validitas perangkat pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dalam membelajarkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah perangkat pembelajaran yang meliputi RPP dan LAS pada materi Relasi dan Fungsi untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Objek penelitian adalah tingkat validitas perangkat pembelajaran. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi perangkat pembelajaran yang meliputi lembar validasi RPP dan lembar validasi LAS. Pengumpulan data dilakukan melalui pengisian lembar validasi perangkat pembelajaran dari lima orang validator untuk mendapatkan penilaian dan saran terhadap perangkat pembelajaran. Hasil analisis terhadap lembar validasi menunjukkan bahwa secara umum RPP memenuhi kriteria valid dengan indeks validitas 0,74 dan LAS juga memenuhi kriteria valid dengan indeks validitas 0,73. Dengan demikian disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran koperatif dalam membelajarkan kemampuan berpikir kritis matematika siswa adalah valid.

Referensi

Ahmad, M, Siregar, Y.P., Siregar, N.A. (2018). Validitas Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Budaya Mandailing dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan. 6(2),1-8. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/695/238
Ahmad, M. (2017). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan, 6(4), 34–40. https://doi.org/10.37081/ed.v6i4.262
Aiken, L. R. (1985). Three Coefficients for Analyzing the Reliability and Validity of Ratings. Educational and Psychological Measurement, 45(1), 131–142. https://doi.org/10.1177/0013164485451012
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliablitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cahyono, B. (2015). Korelasi Pemecahan Masalah dan Indikator Berfikir Kritis. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 5(1), 15–24. https://doi.org/10.21580/phen.2015.5.1.87
Dadri, P. C. W., Dantes, N., & Gunamantha, I. M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD Gugus III Mengwi. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 84–93. https://doi.org/10.23887/jpdi.v3i2.2870
Hadi, S. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: Teori, Pengembangan dan Implementasinya. Jakarta: Rajawali Pers.
Khairani, Amry, Z., & Harahap, R. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(1), 85–92. https://doi.org/10.24036/jep/vol2-iss1/135
Khasanah, F., & Supriyono. (2016). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif tipe NHT. Ekuivalen, 99–104. https://doi.org/10.37729/ekuivalen.v20i2.2880
Melitasari, Zainuddin, & Mastuang. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Model Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan Gerakan Senam Otak Pada Pokok Bahasan Gerak. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(3), 183–191. https://doi.org/10.20527/bipf.v3i3.804
Nasution, D.P. & Ahmad, M. (2018). Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika 7(3), 389-400. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.133
Novtiar, C., & Aripin, U. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kepercayaan Diri Siswa SMP melalui Pendekatan Open Ended. Jurnal PRISMA Universitas Suryakancana Meningkatkan, VI(2), 119–131. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.122
Nurdyanto, H. E., Indana, S., & Agustini, R. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Pendekatan Spices Continuing terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.26740/jppipa.v2n2.p58-65
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i2.10490
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56–62. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i2.302
Rangkuti, A. N. (2019). Pendidikan Matematika Realistik Pendekatan Alternatif dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Cipta Pustaka Media.
Siswono, T. Y. E. (2018). Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Solihah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematik Siswa MTs dengan Menggunakan Metode Brain-Based Learning. Jurnal Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(1), 55–64. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/1934/1599
Sugianto, L. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran pada Materi Differensial dengan Model Kooperatif tipe Number Head Together (NHT). Seminar Nasional, 03–01, 450–470. Retrieved from https://www.journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/814
Susanto, F., & Suri, I. R. A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Kooperatif tipe NHT dengan Strategi Pemecahan Masalah (Problem Solving) Sistematis bagi Peserta Didik SMP di Kabupaten Pringsewu. AKSIOMA: Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(3), 301–307. https://doi.org/10.24127/ajpm.v6i3.1054
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Yuliafarini, F. E. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Numbered Heads Together (NHT ) Menggunakan Model Four-D Materi Statistika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan (JPPP), 3(3), 149–158. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i3.18156
Zakiah, N. E., Sunaryo, Y., & Amam, A. (2019). Implementasi Pendekatan Kontekstual pada Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berdasarkan Langkah-Langkah Polya. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 4(2), 111–120. Retrieved from https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/teorema/article/view/2706/2347
Diterbitkan
2021-07-01