ANALISIS HASIL INTERPRETASI JAWABAN MATEMATIKA SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil interpretasi jawaban matematika siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Andam Dewi. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian berjumlah 13 siswa. Observasi, tes, dan wawancara digunakan dalam pengumpulan data dan teknik triangulasi digunakan dalam teknik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata interpretasi jawaban matematis siswa dalam pembelajaran matematika adalah 75,59 (kategori sedang). Disimpulkan interpretasi jawaban matematika siswa dalam pembelajaran matematika di SMA Negeri 1 Andam Dewi meliputi siswa mampu menemukan informasi atau masalah, membandingkan keterkaiatan informasi atau masalah, menganalisis, memeriksa kembali dan menarik kesimpulan.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Referensi
https://sepositif.com/pengertian-interpretasi-adalah-arti-tujuan-jenis-dan-contoh-interpretasi/
Depdiknas. 2006. Permendiknas No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan. Pendidikan dasar Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Fauzi Rahmad, Harahap Muhammad Syahril. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan. Vol 4, No.5 Januari 2017.
Lisa. 2017. Interpretasi dan Analisis Hasil Jawaban Kemampuan Pemecahan Matematik Siswa kelas VII SMP Negeri 6 Lhlokseumawe pada Materi Bangun Datar. Jurnal of Islam Civilization and Thought. Vol.16, No.1 Tahun 2017.
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Nasution, Ahmad Marzuki. 2018. Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Journal Gantang. Vol 3, No.2 Tahun 2018.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Statistik untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Ciptapustaka Media.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Suharsimi, Arikunto. 2014. Prosedur penelitian. Cetakan 15. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixel Methodes). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Cetakan ke 25 Maret, Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Suherman, Eman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sutarno. 2009. Teori Kognisi Jean Piaget. [Online]. Tersedia: http//www.psysicsmaster.orgfree.com (4 Januari 2014)
Utami, N. 2013. Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dan Gruop Investigation (GI) Dalam Meningkatkan Kemampuan Interpretasi Siswa SMA pada Konsep Pencemaran. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.