MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ACCELERATED INSTRUCTION (TAI)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) dan peningkatannya terhadap hasil belajar siswa materi pokok keliling dan luas bangun datar di kelas IV SD Negeri 200304 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas IV SD Negeri 200304 Padangsidimpuan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa melalui model pembelajaran TAI di kelas IV SD Negeri 200304 Padangsidimpuan meningkat dibuktikan pada siklus I memperoleh persentase sebesar 54%, pada siklus II 83%, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 29%. Kinerja guru melalui model pembelajaran TAI di kelas IV SD Negeri 200304 Padangsidimpuan meningkat dapat dilihat pada persentase observasi responden guru pada siklus I sebesar 67,50% kategori “Cukup” dan siklus II 82,50% kategori “Baik”, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 15,0%. Aktivitas belajar siswa melalui model pembelajaran TAI dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 48,49% yang mana persentase observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 67,19% kategori “Cukup” dan siklus II 81,25% kategori “Baik”, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 14,06%.
References
Handayani, Ruli, 2012. Dengan judul Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Accelerated Instruction) Untuk Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVIII E SMP Negeri 1 Kec. Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2011/2012.
Karim, 2017. Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta : Gava Media.
Slavin, 2008. Cooperative Learning (Teori, Riset, Praktik). Bandung : Media Nusa.
Suyitno, 2007. Cooperative Learning Analisis Model. Pembelajaran. Yogyakarta : Media Ar-Ruzz.