EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA SMK

  • Tukmaida Simatupang Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas MIPA Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Logis Matemtika

Abstract

This study aims to describe the effectiveness of applying kooperatif tipe teams games tournament learning on students’ mathematical logical thinking ability on the topic linear equation system of two variables  at the tenth  grade students of SMKS Yayasan Pendidikan Islam Padang Lawas. This research was conducted by applying experimental method (one group pretest posttest design).  Sample of this research is 30 students which taken by using cluster random sampling technique from 55 students.  Observation and test were used in collecting the data. Observation sheet shows the average of applying kooperatif tipe teams games tournament learning is 4 (very good category). The result of the test shows average of students’ mathematical logical thinking ability before applying kooperatif tipe teams games tournament  learning is 58 (enough category) and after applying kooperatif tipe teams games tournament learning is 85,85 (very good category). Furthermore by using pair sample ttest (SPSS 16) and N-Gain shows the significant value is less than 0.05 (0.000 <0.05). It’s concluded kooperatif tipe teams games tournament learning has the effect on students’ mathematical logical thinking ability on the topic linear equation system of two variables  at the tenth grade students of SMKS Yayasan Pendidikan Islam Padang Lawas.

 

References

Ahmad, Marzuki. (2017). “Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP”. Jurnal Education and Development STKIP Tapanuli Selatan. Vol.6 No.4 Hal :34-40.
Ahmad, M. & Asmaidah, S. (2017). “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP”. Jurnal “Mosharafa”. Vol.6 No.3 Hal :373-374.
Ahmad, M. & Nasution, D.P. (2018). “Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik”. Jurnal Gantang, III (2), Hal : 83-95.
Duri, Tumeal., Lubis, Roslian., & Ahmad, Marzuki. 2021. “Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Untuk Siswa pada Masa Pandemi Covid-19”. Skripsi Pendidikan Matematika IPTS Padang Sidimpuan.

Fatmahanik, Ulum dan Lilis Wulandari, 2019. “Kemampuan Berpikir Logis Matematika Materi Pecahan pada Siswa Berkemampuan Awal Tinggi”. LAPLACE : Jurnal Pendidikan Matematika. Hal : 43-57.
Fauzan, Gagan Aditya. 2020. “Analisis Kemampuan Dan Kesulitan Dalam Menyelesaikan Soal Berpikir Logis Matematika Siswa SMP Dengan Penggunaan Geogebra”. Jurnal Cendikia : Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.4, No.01, Mei 2020, Hal : 53-63.
Harahap, Muhammad Syahril. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Penggunaan Bahan Ajar RME”. Jurnal Education and Development. Vol.3 No.2 Hal:56
Khaerunisa et al. 2012. Pengaruh strategi pembelajaran dan penerapan berpikir logis terhadap hasil belajar ilmu pengetahuan sosial di kelas V SDN. 067775. Medan : Tesis Program Sarjana Universitas Negeri Medan.
Lubis, R., Harahap, T., & Ahmad, M. 2019. Peningkatan Koneksi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Open-Ended pada Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Gantang. Vol.4 No.2 Hal:122.
Manalu, W.R., & Siregar, E.Y. 2019. “Efektivitas Model Pembelajaran Scramble Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMP Negeri 2 Pandan”. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol 2No.2 Hal:94.
Mustika, Iwayan, 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal IKA Vol.18, No.1 Hal : 54-72.
Nasution, Dwi Putria. &Ahmad, Marzuki. 2018. “Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa”. Mosharafa Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 7 No.3 Hal : 391.
Nasution, Dwi Putria. &Ahmad, Marzuki. 2019. “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Konstektual”. Jurnal Education and Development. Vol 7 No.2 Hal : 103-110.
Octaria, Dina. 2017. “Kemampuan Berpikir Logis Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas PGRI Palembang Pada Mata Kuliah Geometri Analitik”. Jurnal Pendidikan Matematika. Hal : 182.
Siregar, Eva Yanti & Ahmad, Marzuki. 2018. “Respon siswa Pembelajaran Matematika Realistik dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika”. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. ISSN 2656-1670
Siregar,Eva Yanti., Ahmad, Marzuki., & Nasution, D.P. 2018. Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika Siswa. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol 1 No.3, Hal : 109-117.
Siregar, Hodijah. 2021. Kemampuan berpikir logis matematika siswa. Gunung tua. 15 mins
Sitompul, R., Siregar, E.Y., & Harahap, M.S. 2021. “Efektivitas Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Matematis Siswa”. Skripsi Pendidikan Matematika IPTS Padang Sidimpuan.
Sudarmin. 2014. Logika praktis bagian pertama penalaran kategorik. Yogyakarta : Liberty Yogyakarta.
Published
2022-03-01
How to Cite
Simatupang, T., Ahmad, M., & Siregar, E. (2022, March 1). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR LOGIS MATEMATIKA SISWA SMK. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 112 - 123. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.2879