Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19 di SMK Negeri 1 Batang Angkola

  • Riki Martin Togatorop Institut Pendidikan Tapanuli Seatan
  • Nunik Ardiana Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar matematika siswa dalam pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 di SMK N 1 Batang Angkola.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian  deskriptif dengan sampel 10 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan angket. penulis mengemukakan kesimpulan yaitu Analisis motivasi belajar matematika siswa dimasa pandemi covid-19 di lihat dari hasil jawaban angket (kuesioner) yang diperoleh siswa sebanyak 10 siswa dengan skor rata-rata 74,2 berada pada kreteria baik (Sedang), Berdasarkan wawancara yang telah di lakukan  dapat disimpulkan bahwa mereka menolak pembelajaran di rumah karena mereka banyak terkendala dengan jaringan internet yang tidak bagus,dan tidak memiliki paket internet.v

References

Ahmad Marzuki, Aktivitas Aktif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Realistik. 2016. Vol, 2 (5), 45.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyani, Adhetya dkk. 2019. Motivasi Belajar Siswa SMA Pada Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam.Vol. 3. No. 1
Kusuma, Zuhaira Laily dan Subkhan. 2015. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akutansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 3 Pati Tahun Pelajaran 2013/2014. Economic Education Analysis Journal. Volume IV Tahun 2020
Mahmudi, Ibnu. 2011. Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan Dan Konseling Islam. Jurnal Bimbingan Dan Konseling. Volume 1 Tahun 2020
Manuhuntu, Silvia. 2015. Analisis Motivasi Belajar Internal Siswa Program Akselerasi Kelas VIII SMP Negeri 6 Ambon. Jurnal Promosi: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Volume III Tahun 2020; 104-115.
Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Siagian, Muhammad Daut. 2017. Pembelajaran Matematika Dalam Persfektif Konstruktivisme. Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan.Vol. VII. No 2
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Siregar, Eveline dan Nara Hartini. (2010). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia
Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor Faktor Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono.2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabet.
Published
2022-03-01
How to Cite
Togatorop, R., Ardiana, N., & Elindra, R. (2022, March 1). Analisis Motivasi Belajar Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi COVID-19 di SMK Negeri 1 Batang Angkola. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 91 - 95. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.2983