ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA SOSORGONTING KECAMATAN ANDAM DEWI
Abstract
Abstract
The background of this research is the emergence of the Covid-19 pandemic at the beginning of 2020 and this is a year that worries all countries, including Indonesia. This pandemic also occurred in Indonesia which made many parties participate in overcoming this pandemic. Learning in Sosorgonting village of Adam Dewi sub-district had carried out learning at home to avoid physical contact with others. The purpose of this study was to find out how students’ learning independent was during the Covid-19 pandemic in Sosorgonting village, Andam Dewi sub- district. The research method used is descriptive quantitative. The instrument used is a questionnaire with 15 students as respondents. The results showed 3 students had average 84 (very good category), 11 students had average 71.2 (good category), 1 student had average 53.3 (poor category)
Keywords: Independent learning, learning mathematics, Covid-19
References
Anton Soekarno. 2015. https://eprintas.uny.ac.id/9567/2/bab%202%20-% 2008108247088.pdf.Diakses pada tanggal 26 November 2020
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimiyati.Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fidiana, Lutfi. dkk. 2012. Pembuatan Dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes. Volume I tahun 2020.
Katmiasih. Harahap Muhammad Syahril&Harahap Sinar Depi. 2021. Analisis Dampak Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Semasa Pandemi. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal.Volume IV 2021
Pakpahan, Roida dan Fitriani Yuni.2020. Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.JISAMAR (Jurnal Sistem Informasi, Terapan, Manajemen, Akuntansi Dan Riset).Volume IV Tahun 2020.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka media.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka media
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.
Slameto.2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Jakarta: Dan Ekonomi Islam. Penelitian Bidang Manjemen PRENADAMEDIA GROUP.
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Jakarta: Dan Ekonomi Islam. Penelitian Bidang Manjemen PRENADAMEDIA GROUP
Tahar, Irzan dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Volume VII Tahun 2020; 91-101.
Yunus, Nur Rohim dan Rezki, Annisa.Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Volume VII Tahun 2020; 227-238.