ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SELAMA PANDEMI COVID-19 DI DESA SOSORGONTING KECAMATAN ANDAM DEWI

  • Ramli Simatupang Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Zulfadli Nasution Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Kata Kunci: Kata kunci: Pembelajaran mandiri, pembelajaran matematika, Covid-19

Abstrak

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi munculnya pandemi Covid-19 di awal tahun 2020 dan merupakan tahun yang mengkhawatirkan semua negara, termasuk Indonesia. Pandemi ini juga terjadi di Indonesia yang membuat banyak pihak ikut serta dalam mengatasi pandemi ini. Pembelajaran di Desa Sosorgonting Kecamatan Adam Dewi telah melaksanakan pembelajaran di rumah untuk menghindari kontak fisik dengan orang lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di Desa Sosorgonting Kecamatan Andam Dewi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan 15 siswa sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan 3 siswa memiliki rata-rata 84 (kategori sangat baik), 11 siswa memiliki rata-rata 71,2 (kategori baik), 1 siswa memiliki rata-rata 53,3 (kategori kurang)

Kata kunci: Pembelajaran mandiri, pembelajaran matematika, Covid-19

Referensi

Achmad, Ida Farida.2008. https://eprintas.uny.ac.id/9567/2/bab%202%20-% 2008108247088.pdf.Diakses pada tanggal 26 November 2020.
Anton Soekarno. 2015. https://eprintas.uny.ac.id/9567/2/bab%202%20-% 2008108247088.pdf.Diakses pada tanggal 26 November 2020
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimiyati.Mudjiono. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Fidiana, Lutfi. dkk. 2012. Pembuatan Dan Implementasi Modul Praktikum Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas IX. Jurnal Pendidikan Fisika Unnes. Volume I tahun 2020.
Katmiasih. Harahap Muhammad Syahril&Harahap Sinar Depi. 2021. Analisis Dampak Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Daring Semasa Pandemi. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal.Volume IV 2021
Pakpahan, Roida dan Fitriani Yuni.2020. Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19.JISAMAR (Jurnal Sistem Informasi, Terapan, Manajemen, Akuntansi Dan Riset).Volume IV Tahun 2020.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka media.
Rangkuti, Ahmad Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, PTK, dan Penelitian Pengembangan. Bandung: Citapustaka media
Silalahi, Ulber. 2012. Metode Penelitian Sosial, Bandung: Refika Aditama.
Slameto.2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Jakarta: Dan Ekonomi Islam. Penelitian Bidang Manjemen PRENADAMEDIA GROUP.
Suryani dan Hendryadi. 2015. Metode Riset Kuantitatif Teori dan Aplikasi pada Jakarta: Dan Ekonomi Islam. Penelitian Bidang Manjemen PRENADAMEDIA GROUP
Tahar, Irzan dan Enceng. 2006. Hubungan Kemandirian Belajar Dan Hasil Belajar Pada Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh. Volume VII Tahun 2020; 91-101.
Yunus, Nur Rohim dan Rezki, Annisa.Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. SALAM: Jurnal Sosial & Budaya Syar-i FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Volume VII Tahun 2020; 227-238.
Diterbitkan
2022-11-01