PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP NEGERI 8 PADANGSIDIMPUAN

  • Adek Nilasari Harahap Universitas Graha Nusantara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan Model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk lebih tinggi daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional (2) respon siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Pengambilan sampel menggunakan sampling acak sederhana. Sampelnya adalah kelas VII-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan lembar tes kemampuan komunikasi matematika.Hasil   penelitian   menunjukkan   (1)thitung =3,56   dan ttabel          =   1,67   atau  thitung  >ttabel sehingga terima yang disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk lebih tinggi dari kemampuan komunikasi matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. (2) Berdasarkan hasil respon siswa, maka diperoleh skor rata-rata 3,55 sehingga dapat disimpulkan bahwa respon siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa SMP Negeri 8 Padangsidimpuan sangat positif.

Referensi

Agustin Lucia Cipta, 2015. Penerapkan Pembelajaran Inovatif Teknik Gallery Walk Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 X Koto Diatas, Padang: Universitas Bung Hatta,
Arikunto Suharsimi, 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. Bungin M Burhan, 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana.
Daryanto dan Muljo Rahardjo, 2006. Teori Komunikasi, Yogyakarta: Gava Media.
Fahradina Nova, Bansu I. Ansari dan Saiman, 2014. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok, Vol. 1, No. 1, Jurnal Didaktik Matematika.
Isjoni. 2009. Cooperative learning efekivitas pembelajaran kelompok. Bandung: Alfabet.
Ismail. 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang: Rasail Media Group. Mulyono Abdurrahman, Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003), Nata Abuddin, 2007. Manajemen Pendidikan, Jakarta: Kencana.
Slavin Robert E. 2008. Cooperaive Learning Teori, Riset, dan Praktik, Bandung: Nusa Media. Sudjana, 2016. Metoda Statistika, Bandung: Tarsito.
Sugiyono, 2011. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta. Thursan Hakim, 2000. Belajar Secara Efektif, Jakarta:Puspa Suara.
Diterbitkan
2021-11-01