PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BARUMUN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan antara lain: pertama, mengetahui apakah penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 4 Barumun. Kedua, mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok persamaan garis lurus di kelas VIII SMP Negeri 4 Barumun. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindak Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII-1 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan Model Problem Based Learning pada siklus I diperoleh dengan kategori minimal cukup yaitu sebesar 46,1% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,5%. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 42,4%. Dengan indikator pencapaian telah tercapai ≥ 80%. Kemudian untuk hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh kadar aktivitas siswa sebesar 75,08% “Cukup” pada siklus II 87,27% “Baik”. Peningkatan yang terjadi dari siklus I ke siklus II sebesar 12,19%. Indikator pencapaian telah tercapai ≥ 80%. Sedangkan untuk hasil observasi kemampuan guru pada siklus I dan siklus II diperoleh dengan kategori “Baik”.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dewey. 2009. Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Dimiyati, dan Mudjiono, 2009, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gagne, 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Gardner, Ardhana dkk. 2003. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, 2011, Aktivitas - Aktivitas Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar, 2008, Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamzah, 2009. Hakikat Belajar Matematika. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Ibrahim, M. dan Nur, M. 2000. Pembelajaran Berbasis Masalah. Surabaya: Unesa University Press.
Ismail. 2002. Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Instruction). Surabaya: University Press.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.
Morgono, 2005 Metodologi Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Mulyasa, Enco. 2009. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nuharini, Dewi, Tri Wahyuni. 2008. Matematika Konsep dan Aplikasinya Kelas VIII SMP/MTsN. Pusat Perbukuan, Jakarta.
Rusman, 2010. Model – Model Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara.
Sanjaya, 2008. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia: Konstitusi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.