PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE DALAM UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINIER SATU VARIABEL
Abstrak
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini disusun perangkat pembelajaran : Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Buku Panduan Guru dan Lembar Kerja Siswa. Selanjutnya menyusun instrumen tes essay dan lembar observasi siswa, sebelum instrumen tes digunakan terlebih dahulu di uji coba dan hasilnya digunakan untuk instrumen penelitian. Penelitian ini dilaksanakan melalui 2 siklus sebelum diberikan tindakan terlebih dahulu diberikan diberikan tes diagnostik dengan kategori minimal cukup diperoleh 40,91%. Selanjutnya diberikan tes hasil belajar matematika siklus I adalah 77,27 meningkat menjadi 86,36 pada siklus II. Persentase akivitas aktif siswa meningkat,hal ini diperoleh dari rata-rata kadar aktivitas siswa pada siklus I sebesar 76% kemudian pada siklus II naik menjadi 85,28. Kemampuan guru mengelola pembelajaran siklus I dan siklus II termasuk dalam kategori ―Baik‖. Berdasarkan Hasil tersebut maka penelitian ini menyarankan penerapan model pembelajaran Think Pair Share untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dikelas VII-3 SMP Negeri 2 Batahan.
Referensi
Arikunto, S., (2002), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta. Kamdi, Waras. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif. Malang: Universitas Negeri Malang.
Nasution, Muhammad Akid, Agus Makmur Panjaitan, And Adek Nilasari Harahap. "Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair And Share Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Bentuk Aljabar Kelas Vii Mts Ypks Padangsidimpuan." Eksakta: Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Mipa 6.2 (2021): 235-241.
Ngalim Purwanto. (2007). Psikologi Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurkancana, Wayan, 1986, Evaluasi pendidikan, Indonesia: Usaha Nasional.
Sardiman, A.M., (2007), Interaksi dan Motivasi Relajar Mengajar, PT. Graznido Persada, Jakarta. Slameto, (2003), Belajar dan Faktor – Faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta.
Trianto, S.Pd, M.Pd, (2007), Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Penerbit Prestasi Pustaka.
User, U., (2002), Menjadi Guru Profesional, Remaja Rosdakarya, Bandung.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.