ANALISIS KENDALA ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DIRUMAH DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa kendala orang tua dalam mendampingi anak belajar dirumah di masa pandemi covid-19. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Wawancara, angket, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data.teknik analisis data menggunakan triangulasi. Sumber data adalah 5 orang tua dan 1 kepda desa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat yaitu yang pertama “orang tua tidak ada waktu untuk anak , “yang kedua” tidak semua orang tua dapat memahami materi anak, “ketiga” kuota internet terlalu mahal, “keempat” layanan jaringan internet yang tidak memadai”. Kemudia terdapat beberapa responden yang berkomentar menyatakan yang serupa yaitu seorang ibu terutama merasa sangat berat yang dirasakan ketika anak malas belajar, dan kerang bersabar ketika anak sudah melihat HP dan yang langsung dicari adalah Game.
Kata kunci : Kendala Orang Tua, Mendampingi Anak Belajar Dirumah, Pandemi Covid-19
References
Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. Vol.9. No.2, Hal. 90-95.
Gulo, W. 2002. Metodologi penelitian. Jakarta : Gramedia.
Handarini, O. I. dan Wulandari, S. S. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From
Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran
(JPAP). Vol.8. No.3, Hal. 496-499.
Irhamna. 2016. Analisis Tentang Kendala-Kendala Orang Tua Yang Dihadapi Orang Tua Dalam
Pembinaan Akhlak Dan Kedisimplinan Belajar Siswa Madrasah Darussalam Kota
Bengkulu. Jurnal Al-Bahtsu. Vol.1. No.1, Hal.57-64.
Mastoah, I. dan Zulaela M.S. 2020. Kendala Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Belajar Pada
Masa Covid-19 Di Kota Serang. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol.5. No.(2),
Hal.121-128.
Ardiana, N., Harahap, M. S., & Manik, V. A. (2022). Analisis Interaksi Sosial Siswa Serta
Kaitannya Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Smk N 1 Sosorgadong. Journal MathEdu,
5(2), 111–116. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Pohan, M. K., Harahap, M. S., & Siregar, E. Y. (2022). ANALISIS HUBUNGAN DISPOSISI
MATEMATIKA SISWA TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA
SELAMA PANDEMI COVID-19 DI SMK N 1 SOSORGADONG. Jurnal MathEdu
(Mathematic Education Journal), 5(2), 96–103.
Magdalena, I. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Kelas IV
SD NEGERI 09 Pagi Semanan, Vol 3. No.1, Hal. 50.
Pane, A. dan Dasopang, M. D. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kerajinan Ilmu-Ilmu
Keislaman. Vol.03. No.02, Hal. 333-339.
Rangkuti, Dkk. 2014. Pengaruh Faktor Sosial Ekonimi Terhadap Pendapatan Petani Jaghung.
Jurnal Agrium. Vol. 19. No. 1, Hal. 52-58.
Rohayani, F. 2020. Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini Di Masa Pandemi
Covid-19. Qawwun: Journal For Gender Mainstreamin. Vol.14. No.1, Hal. 29-50.
Rohani, Amhad .2004. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: PT. Ranika cipta
Sadikin, A. dan Afreni, H. 2020. Pembelajaran Daring Ditengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah
Pendidikan Biologi. Vol.6. No.2, Hal. 214-224.
Simatupang, N. I, dkk. 2020. Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pandemi Covid-19
Dengan Metode Survey Sederhana. Jurnal Dinamika Pendidika. 13(2).pp. 197-203. ISSN
2620-3952.
Silalahi, U. 2012. Metode penelitian sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitaif, Kualitatif Dan R&B. Bandung: Alfabeta.
Yuswanti. 2015. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siwa Pada
Pembelajaran IPS di kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala.
Jurnal Kreatif Tadulako Online. Vol .3. No. 4, Hal. 185-193.