EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII MTs. NAHDLATUL ULAMA BATANG TORU

  • Haidir Anwar Hasibuan IPTS TAPSEL
  • Rahmatika Elindra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Abstrak

Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe TPS terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII MT’s Nahdatul Ulama Batang Toru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen jenis One Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 80 siswa. Pengambilan sampel ditetapkan dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Dan yang terpilih, yakni kelas VII 1 sebagai sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 41 siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan keterampilan guru dengan menggunakan instrument tes berupa pre-test dan post-test untuk siswa. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan taraf signifikan 0.05.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Keterampilan guru dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) menunjukkan skor 37 dengan rata-rata sebesar 9,25 berada dalam kategori sangat baik, 2) Rata-rata kemampuan memecahkan masalah dalam matematika siswa kelas VII MT’s Nahdatul Ulama Batang Toru sebelum menggunakan model kooperatif tipe TPS sebesar 49,33 dan sesudah menggunakan model kooperatif tipe TPS sebesar 69,01. 3) Hasil uji hipotesis menggunakan uji Wilcoxon menerangkan Asymp. Sig. (2-tailed) bernilai 0.001. karena nilai 0.001 lebih kecil dari  0.05. Artinya, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih efektif dari pada pembelajarannya sebelumnya terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas VII MT’s Nahdatul Ulama Batang Toru.

Hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi guru matematika dalam menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dalam memecahkan masalah matematika.

Kata Kunci: Kooperatif Tipe TPS, Memecahkan Masalah matematika

 

References

Agus dan Peti. 2019. Penerapan Model Pemebelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Cahaya dan Sifatnya Pada Siswa Kelas V di SD Negeri 1 Sembawa. Jurnal Lensa Pendas. Tahun 2019. Vol. 4. Nomor 1: 52-59.
Amam, Asep. 2017. Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori dan Riset Matematika (TEOREMA). Tahun 2017. Vol. 2. No. 1: 39-46.
Berty Sadipun. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDI Ende 14. Jurnal Ilmu Pendidikan. Tahun 2020. Vol. 3. No. 1: 11-16.
Deti, Herni. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursur Multy Representation (DMR). Jurnal Pendidikan Dasar. Tahun 2017. Vol. 9. No. 1: 35-46.
Galih, Ela, Evik. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran “Promister” Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Wayang Pandhawa Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD. Tahun 2018. Vol. 2. No. 2: 94-103.
Ria, Yulia, Roslian. 2020. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Ponpes Al-Mukhtariyyah Sungai Dua. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal). Tahun 2020. Vol. 3. No. 1: 87-96.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Zulkipli, Hidayah. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Muhammadiyah 1 Banjarmasin Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Jurnal Pendidikan Matematika. Tahun 2018. Vol. 6. No. 1: 34-44
Published
2023-02-28
How to Cite
Hasibuan, H., Elindra, R., & Lubis, R. (2023, February 28). EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DI KELAS VII MTs. NAHDLATUL ULAMA BATANG TORU. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(1), 96-103. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i1.3317