IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADAMATERI HIMPUNAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII A SMP N 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Riski Handayani Lubis Universitas Graha Nusantara
  • Mohd. Arifin Universitas Graha Nusantara
  • Nurdalilah Nurdalilah Universitas Graha Nusantara
Keywords: Implementasi, E-learning, Google Classroom

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Implementasi E-Learning menggunakan Google
Classroom pada materi himpunan masa pandemi covid-19 di kelas VII A SMP N 9 Padangsidimpuan. Data
dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi yang dilakukan secara langsung dan memantau melalui
Google Classroom, teknik wawancara dengan guru secara langsung dan wawancara dengan peseta didik
menggunakan aplikasi Whatshapp (Video Call) dan teknik dokumentasi menggunakan Handphone dalam
bentuk photo dan screenshot gambar. Setelah data diperoleh kemudian menggunakan 3 tahap yaitu reduksi
data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama
dari segi perencanaan dalam Implementasi E-Learning menggunakan Google Classroom pada materi
himpunan masa pandemi covid-19 yaitu menyiapkan suatu Rencana Pembelajaran Daring (RPP-D), silabus,
LKPD dan juga menyiapkan suatu media pembelajaran baik itu berupa video pembelajaran, Power Point dan
gambar, kedua dari segi pelaksanaan yaitu penyampaian materi, media pembelajaran dan strategi
pembelajaran, ketiga dari segi evaluasi seperti biasa ada penilaian kognitif, penilaian afektif, dan penilaian
psikomotor.

References

Cucinota, D., dan Vanelli, M. (2020). WHO Declares Covid-19 Pademic. Acta Biomed, 91(1),157-160.
Ifthkar, Shampa. “Google Classroom: What Wrorks And How?”. Journal of Education and Social Sciences.
Vol. 3. 2016.
Ibadurrahman, Muhammad Alief. 2020. Coronavirus Asal Usul, Penyebaran, Dampak dan Metode Pencegahan
Efektif Pandemi Covid-19.
Zhu et all (2020) Zhu N, Zhang D, Wang W, et al. (2020). A Novel Coronavirus from Patients with Pneumonis
in China.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.
Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1), 55-61.
Miningsih, Sri. “Implementasi TIK dalam Pembelajaran Mendengarkan di Sekolah Dasar.” Jurnal Teknodika
1.1 (2015).
Iskandar, dkk. 2020. Aplikasi Pembelajaran TIK. Yayasan Kita Menulis (diakses pada tanggal 20 April 2020).
Qomariah, S., Nursobah S.L. (2019). Implementasi pemanfaatan Google Classroom di Era revolusi 4.0.
SINDIMAS.2019 JULI 29;1(1);227-31.
Simanihuruk, dkk. 2019. E-Learning (Implementasi, Strategi dan Inovasinya).
Ruseffendi, E.T. (1992). Pendidikan Matematika 3, Jakarta: Depdikbud. Shadiq, Fajar. 2008.
Published
2022-03-01
How to Cite
Lubis, R., Arifin, M., & Nurdalilah, N. (2022, March 1). IMPLEMENTASI E-LEARNING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM PADAMATERI HIMPUNAN MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VII A SMP N 9 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 19 - 21. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3673