PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN

  • Robi Nastain Universitas Graha Nusantara
  • Nurdalilah Nurdalilah Universitas Graha Nusantara
  • Wirna Arifitriana Universitas Graha Nusantara
Keywords: implementasi, materi faktorisasi, Pembelajaran WA

Abstract

Investigasi semacam ini mungkin merupakan investigasi kuasi-eksperimental. Subjek penelitian
adalah mata kuliah VIII-A dan VIII-B yang berjumlah 40 orang. 21 wanita dan 19 pria. Perangkat
pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
Tes yang digunakan dapat berupa tes pilihan berbeda dengan 10 soal yang telah dicoba dengan kualitas
unwavering tes pretest 0,5 dengan tingkat kualitas unwavering cukup dan posttest tes kualitas unwavering
0,5 dengan tingkat kualitas unwavering cukup. Dan kedua tes tersebut masing-masing memiliki 8
pertanyaan substansial Prosedur pengumpulan informasi yang digunakan dalam pembahasan ini adalah
strategi tes pilihan ganda. Strategi penyelidikan informasi menggunakan uji homogenitas, uji kekhasan
dan uji spekulasi. Dari hasil tes posttest nilai ujian pelajaran memperoleh nilai normal sebesar 82
sedangkan hasil nilai tes pretes pelajaran kontrol adalah 70,5. Uji tipikal pretest dan posttest nilai belajar
siswa baik kelas eksploratif maupun kontrol memiliki nilai sig > 0,05. Uji homogenitas meliputi nilai yang
patut diperhatikan di atas 0,05, artinya nilai sig > 0,05 dan dapat disimpulkan bahwa sebaran informasi
untuk kelas kontrol dan eksploratori memiliki kondisi informasi yang homogen. Untuk uji teori didapatkan
nilai kritis 0,00 atau 0,00 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran
Whatsapp terhadap faktorisasi suku

References

Adam dan Taupik (2015). “Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA
Amanda, Batam
Afnibar dan Fajhriani (2020). “Memanfaatkan Whatsapp Sebagai Media Komunikasi Antara Dosen dan
Mahasiswa Dalam Mendukung Kegiatan Belajar (Studi) Bagi Mahasiswa UIN Imam Bonjol
Padang”. Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam. Vol 11 (1) : 70-83
Agung Minto dan Mochammad Sa'id. “Produktivitas Selama Bekerja Dari Rumah (WFH) Analisis
Psikologi Sosial Jurnal Penduduk Indonesia (2020): 53
Arikunto (2006). “Metode Penelitian Kualitatif”. Jakarta : Literasi Bumi
Arikunto (2013). “Prosedur Penelitian Pendekatan Praktik Edisi Revisi”. Jakarta : PT. Kineka Cipta
Astina (2018). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pembelajaran Tingkat SD Selama Pandemi Covid19”. Jurnal Lampuhyang, 11 (2), 13-25
Barhomi, Choki (2015). "The Effectiveness of Whatsapp Mobile Learning Activities Guided by Cory
Activities for Students". Knowledge Management of Contemporary Educational Technology Vol 6
(3) : 221-238
Daheri dkk (2020). “Efektivitas Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Online”. Jurnal Basiced Vol 4 (4)
: 775-783
Darsono, Max (2000). "Belajar dan Belajar". Semarang : IKIP Semarang press
Published
2022-03-01
How to Cite
Nastain, R., Nurdalilah, N., & Arifitriana, W. (2022, March 1). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WHATSAPP PADA MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 22 - 24. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i1.3674