THE EFFECTIVENESS OF RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) APPROACH TO INCREASING THE LEARNING CREATIVITY OF PRIVATE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS NEW ADVENT

  • Uswatun Hasanah Sinaga IPTS Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad IPTS Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra IPTS Tapanuli Selatan
Keywords: Keywords: RME Approach, Student Learning Creativity.

Abstract

Abstract

This study aims to know whether RME approach is effective in increasing the learning creativity at the eighth grade students of Barus Adventist Private Junior High School students. The research used an experimental method bu applying   one group pretest posttest design. The sample of this study is 35 students which were taken by using the total sampling technique. The data collection techniques used observation and tests. The data collected are analyzed in two stages, namely descriptive analysis and inferential analysis. The research results, it is known that the description of using RME approach is on average 3.00 (good category). Furthermore, the description of student learning creativity before learning RME obtained an average value of 66.21 (enough category) and after learning RME obtained an average of 76.82 (good category). Based on the results of hypothesis testing, it can be known that the value of Sig. (2-tailed) of 0.000 < 0.005. It means that  RME approach is effective in increasing the learning creativity of the students of the Barus Adventist Private Junior High School with classical completeness data known to be 65.71% (effective category) and N-Gain obtained 0.46 (medium category).

References

Ahmad, Marzuki dan Siregar Eva Yanti. Respon Siswa Terhadap Pembelajaran Matematika Realistik Dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Logis Matematika. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya. Universitas Negeri Medan, 12 Oktober 2018, 1-10.
Ahmad, Marzuki dan Asmaidah Seri. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal “Mosharafa”, Volume 6, Nomor 3, hal 373-384.
Ahmad, Marzuki dan Nasution Dwi Putria. 2019. Pembinaan Kesadaran Belajar Matematika Melalui Pendekatan Historis Pada Siswa SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Martabe : Jurnal Pengabdian Masyarakat. Volume 2 Nomor 1, hal 45-54.
Ahmad, Marzuki dan Nasution, 2018. Dwi Putria. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 7, Nomor 3. Tahun 2018, hal 389-400.
Ahmad, Marzuki. 2016. Aktivitas aktif siswa dalam pembelajaran matematika realistik. Jurnal Education and Development. Volume 2 Nomor 5. 45-51.
Ahmad, Marzuki. 2017. Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Education and Development. Volume 6 Nomor 4. 13-23.
Abdul Jabar. Pengaruh Kreativitas Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 2 Banjarmasin. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 2, No. 2, 85-90.
Agus Makmur. Upaya Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Two Stay Two Stray Pada Siswa SMP Negeri 10 Padangsidimpuan. Jurnal EduTech. Vol. 2 No. 2. 1-12.
Andriani, Novia dan Elindra Rahmatika. 2021. Efektifitas Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa di SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Volume 4 Nomor 1, hal 67-75.
Ardiansyah. 2017 “Pengaruh metode pemberian tugas terhadap kreativitas belajar ekonomi siswa di kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori”. Jurnal IPTS. Volume 1 Nomor 2, hal 1-13.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, A. 2018. Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61.
Astuti. 2018. Penerapan Realistic Mathematic Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Journal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 1. 49-61.
Darwanto. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Dengan Model PBL Untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila. Volume 5 Nomor 1. 20-31.
Fitrah. 2016. Model Pembelajaran Matematika Sekolah. Malang: Budi Utama.
Hanafy, Muh. Sain. 2014. Konsep Belajar dan Pembelajaran, Jurnal Pendidikan Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1, 66-79.
Herlina, Mutiara Harahap dan Roslian Lubis. 2019. Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). Volume 2 Nomor 2, hal 105-113
Iis, Holisin. 2007. Pembelajaran Matematika Realistik (PMR). Jurnal Didaktis, Vol. 5, No. 3, Hal 58 -68.
Jayanti, Meylia Dwi. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Siswa SMA pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume 3 Nomor 5. 671-678.
Lestary. Sri Indah. 2020. Upaya Peningkatan Kemamapuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa di Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol. 3 . No. 3. 100-114.
Murdani, 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkanpenalaran Geometri Spasial Siswa di SMP Negeri Arun Lhokseumawe. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2. 22-32.
Pane, Aprida dan Dasopang, 2017. Muhammad Darwis Elajar Dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman. Vol. 03 No. 2. 333-352.
Rangkuti, Ahmad, Nizar. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: IKAPI.
Riyanto, Yatim, 2009. Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi bagi guru pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana.
Rizma Vira Artika. Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) Berbantu Media Kertas Lipat Terhadap Penanaman Konsep Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. Volume 3, Number 4, hal 471-478.
Sanjaya, Wina. 2010 .Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Siagian, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science). Vol. 2, No. 1. hal 58-67.
Sohimin, Aris. 2017. 68 Model Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suwartini, Sri. 2017. Pendidikan Karakter dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, Vol. 4(1); (220-234).
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003.

Wahyudi. 2016. Pengembangan Model Realistic Mathematics Education (Rme) Dalam Peningkatan Pembelajaran Matematika Bagi Mahasiswa Pedidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, Jilid 4 Nomor 1.
Wayan, Murdana, I. 2018. Kreativitas Peserta Didik Mengikuti Bimbingan Konseling dengan Menerapkan Contoh Prilaku yang Baik. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan. Volume 3 Nomor 3. 90-112.
Widjajanti, D. B. 2019. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika: Apa dan Bagaimana Mengembangkannya P-25. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3 Nomor 2, 402–413.
Published
2022-07-03
How to Cite
Sinaga, U., Ahmad, M., & Elindra, R. (2022, July 3). THE EFFECTIVENESS OF RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) APPROACH TO INCREASING THE LEARNING CREATIVITY OF PRIVATE JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS NEW ADVENT. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 71-82. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.3720