ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RENDAHNYA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Barisan dan Deret Aritmatika di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Penliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket dan wawancara. sumber data adalah siswa kelas 11 SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang tidak memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang kurang baik yaitu tidak memiliki keterampilan perencanaan dan evaluasi. Sehingga pemecahan masalah dalam Barisan dan Deret Aritmatika tidak dapat diterapkan.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Culaste, I, (2011). Cognitive Skills of Mathematical Problem Solving of Grade 6 Children. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. Central Mindanao University, Philippines.
DepdIknas.2003.UU NO.20 TH 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Fitriani dan Maulana. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendakatan Matematika Realistik. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3 No. 1.
Harahap Diah, Ardiana Nunik, Siregar Yulia Pratiwi. 2018. Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN Panyabungan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol 1, No 1
Harahap Herlina, dan Lubis Roslian, (2019). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal).
Kamilah,Mila dan Ihsan 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal unsika. Vol 01. No 2.
Rangkuti, Nizar Ahmad. 2016. Metode penelitian pendidikan. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Siregar Maya Sari, Siregar Eva Yanti, Elindra Rahmatika, (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Pesantren Nurul Falah Panompuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol.4. No. 1.
Siregar Rosmaida, Ardiana Nunik, Rosyidi Januardi. 2019. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X MAN Padang Lawas Utara. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol 2, No 2.
Sumartini, 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol 5, No. 2.
Vitasari, Nila dan Trisniawati. 2017. Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyah Taman Siswa Melalui Problem Posing. Jurnal Taman Cendekia. Vol 01. No 2.
Yarmayani, Ayu. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri ! Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Vol 6, No 2.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.