ANALISIS FAKTOR-FAKTOR RENDAHNYA KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMK SWASTA TERUNA PADANGSIDIMPUAN

  • Rahmat Hidayat SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan
  • Eva Yanti Siregar Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
Kata Kunci: kemampuan Pemecahan masalah, Barisan dan Deret Aritmatika

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi Barisan dan Deret Aritmatika di SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Penliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis yang meliputi reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, angket dan wawancara. sumber data adalah siswa kelas 11 SMK Swasta Teruna Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa siswa yang tidak memiliki tingkat kemampuan pemecahan masalah yang kurang baik yaitu tidak memiliki keterampilan perencanaan dan evaluasi. Sehingga pemecahan masalah dalam Barisan dan Deret Aritmatika tidak dapat diterapkan.

Referensi

Ahmad, Marzuki, (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistik. Jurnal Gantang lll (2): 83-95
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Culaste, I, (2011). Cognitive Skills of Mathematical Problem Solving of Grade 6 Children. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. Central Mindanao University, Philippines.
DepdIknas.2003.UU NO.20 TH 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta:Depdiknas.
Depdiknas. 2006. Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Jakarta: Depdiknas.
Fitriani dan Maulana. 2016. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Kelas V Melalui Pendakatan Matematika Realistik. Jurnal Mimbar Sekolah Dasar, Vol 3 No. 1.
Harahap Diah, Ardiana Nunik, Siregar Yulia Pratiwi. 2018. Analisis Keterampilan Metakognitif Ditinjau Dari Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI MAN Panyabungan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol 1, No 1
Harahap Herlina, dan Lubis Roslian, (2019). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik (PMR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal).
Kamilah,Mila dan Ihsan 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Siswa SMP Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal unsika. Vol 01. No 2.
Rangkuti, Nizar Ahmad. 2016. Metode penelitian pendidikan. Medan: Perdana Mulya Sarana.
Siregar Maya Sari, Siregar Eva Yanti, Elindra Rahmatika, (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis di Pesantren Nurul Falah Panompuan. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol.4. No. 1.
Siregar Rosmaida, Ardiana Nunik, Rosyidi Januardi. 2019. Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Snowball Throwing Dengan Macromedia Flash 8 Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di Kelas X MAN Padang Lawas Utara. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal). Vol 2, No 2.
Sumartini, 2016. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut. Vol 5, No. 2.
Vitasari, Nila dan Trisniawati. 2017. Peningkatan kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa PGSD Universitas Sarjanawiyah Taman Siswa Melalui Problem Posing. Jurnal Taman Cendekia. Vol 01. No 2.
Yarmayani, Ayu. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri ! Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya. Vol 6, No 2.
Diterbitkan
2022-11-01