ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII MTS AR- RAUDLATUL HASANAH LUMUT

  • Sukrina Ayu Khalilah IPTS TAPSEL
  • Nunik Ardiana Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Rahmatika Elindra Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran pemahaman konsep matematika siswa pada materi Aritmetika Sosial di kelas VII MTs Ar- Raudlatul Hasanah Lumut. Penelitian ini akan dilaksanakan di MTs. Ar-Raudlatul HasanahLumut. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Objek dari penelitian ini adalah pemahaman konsep matematika siswa. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan guru bidang studi matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui nilai rata-rata Hasil observasi Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTs Ar- Raudlatul Hasanah Lumut yaitu sebesar 57.14 yaitu berada pada kategori kurang. Nilai rata-rata tes materi aritmetika sosial diketahui sebesar 49.44 dengan kategori Rendah. Berdasarkan dari tes yang dilakukan terdapat sebanyak 1 siswa yang memiliki kategori tinggi atau sekitar 5.26%. Pada kategori sedang diperoleh sebanyak 6 siswa atau sebesar 31.58%. Kemudian pada kategori rendah yaitu 12 siswa atau 63.16%. Hal ini menunjukkan bahwa rata-rata pencapaian siswa berada pada kategori rendah. pencapaian ini menunjukkan masih banyak siswa yang memiliki pemahaman konsep matematika yang rendah di kelas VII MTs Ar- Raudlatul Hasanah Lumut. 

.

Kata Kunci:          Analisis, Pemahaman, Konsep, Matematika, Siswa.

                                  

References

Anas Sudijono. 2016. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Ruseffendi
Muhsin. Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematis Melalui
Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Peluang, Volume 2, Nomor 1,
Oktober 2013.
Prawida. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran
Problem Solving Pada Siswa Kelas VIIID SMP N I Kasihan. Jurnal Derivat Volume 2 No.
1 Juli 2015.
Purwanto. Ngalim. 2007. Prinsip-Prinsip dan teknik Evaluasi Pengajaran. Jakarta: Rosda Karya.
Sari. Paramitha. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Pada Materi Besar Sudut Melalui
Pendekatan PMRI. Jurnal Gantang. Vol. II, No. 1, Maret 2017.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Banung: Alfabeta.
Susanto. Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Published
2022-11-01
How to Cite
Khalilah, S., Ardiana, N., & Elindra, R. (2022, November 1). ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII MTS AR- RAUDLATUL HASANAH LUMUT. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 132-139. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.3970