UPAYA MENINGKATKAN SELF-EFFICACY BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR

  • Anggina Siregar Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Marzuki Ahmad Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sinar Depi Harahap Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Sinar Depi Harahap Intitut Pendidikan Tapanuli Selatan
Keywords: self-efficacy, model pembelajaran inovatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan self-efficacy matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran inovatif di SMA N 1 Angkola Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA  1 Angkola Timur. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dengan dua siklus. Teknik pengumpulan data dalam peelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Instrumen yag digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, dan lembar observasi. Hasil penelitian dari dua siklus menunjukkan adanya peningkatan self-efficacy matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil angket self-efficacy pada siklus I diperoleh hasil skor rata-rata 65,86 dengan kriteria “baik” . Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata 81,37 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil kedua siklus diperoleh peningkatan sebesar 15,51. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif dapat meningkatkan self-efficacy matematika siswa di SMA N 1 A ngkola Timur.

References

Adni, D.N. 2018. Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 1 (5): 957-964.

Afghani, D. R. 2020. Pembelajaran Daring Untuk Pelajar Sekolah Menengah Dalam Pandemi Covid-19. Journal Of Informatocs And Vocational Education 3 (2): 70-75.

Ahmad, M. 2016. Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Menyelesaikan Pembagian Suku Banyak Dengan Metode Pembagian Sintetik Di Kelas XI IPA Semester IV Taman Madya (SMA) Taman Siswa Medan T.P 2009/2010. Jurnal Education And Development STKIP Tapanuli Selatan 1 (4): 32-40.

Ahmad, M. & Nasution, D.P. 2019. Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 7 (2): 103-112.

Ahmad, M. Nasution, D. P. Sbri, S. 2021. Implementasi Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Ditinjau Dari Pemahaman Konsep, Aktivitas, Dan Respon Siswa. Journal Of Didactic Mathematics. 2 (3): 122-133

Febrianti, F.M.S. dkk. 2018. Analisis Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Self-Efficacy Siswa SMK. Jurnal pembelajaran matematika inovatif 1 (4): 793-798.

Fitriani, R.N. Pujiastuti, H. 2021. Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. 5 (3): 2793-2800.

Harahap, M. S. 2018. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dengan Penggunaan Bahan Ajar RME (Realistic Mathematic Education). Jurnal Education And Development 3 (2): 56-60.

Harahap, T. Rambe, M. Ahmad, M. 2020. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Ditinjau Dari Motivasi Dan Self-Efficacy Siswa Dalam Belajar Ekonomi. 8 (4): 407-412

Handayani, D.S. & Somawati. 2017. Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) Dan Kemampuan Berpikir Positif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Formatif 7 (2): 131-143.

Mairing, J.P. Pemecahan Masalah Matematika. Jl. Gagerkalong Hilir No.84 Bandung:ALFABETA,cv.
Published
2022-11-01
How to Cite
Siregar, A., Ahmad, M., Harahap, S., & Harahap, S. (2022, November 1). UPAYA MENINGKATKAN SELF-EFFICACY BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA NEGERI 1 ANGKOLA TIMUR. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(3), 27-36. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i3.4011