PENGARUH TINGKAT DAYA INGAT SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PYTHAGORAS DI SMP NEGERI 3 ANGKOLA SELATAN

  • Januar arifin siagian IPTS PADANGSIDIMPUAN
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Roslian Lubis Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstract

Abstrak

Tingkat daya ingat begitu signifikan hubungannya terhadap belajar pythagoras. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya pengaruh yang signifikan antara tingkat daya ingat siswa terhadap prestasi belajar matematika pythagoras di SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Angkola Selatan yang terdiri 129 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak berjumlah 30 orang. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan 2 cara yaitu pertama analisis deskriptif untuk melihat gambaran secara umum dari kedua variabel. Sedangkan yang kedua adalah analisis statistik inferensial dengan menggunakan rumus uji spearman. Sedangkan untuk menjaring data yang diperlukan dilakukan dengan angket dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata tingkat daya ingat siswa 3,13, jika rata-rata diinterpretasikan dengan kriteria penilaian berada pada kategori “Cukup”. Sedangkan  prestasi belajar matematika pythagoras memiliki rata-rata 66,3 berada pada kategori “Cukup”. Hasil perhitungan uji -test diperoleh hitung  = 0,561 sedangkan pada taraf signifikan 5%  diperoleh tabel = 0,364. Jadi  hitung > tabel atau (0,561 > 0,364) maka hipotesis alternatif yang dirumuskan dalam penelitian dapat diterima atau disetujui kebenarannya. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat daya ingat siswa terhadap prestasi belajar matematika pythagoras di SMP Negeri 3 Angkola Selatan.

References

Adnan, Tyasning, Wikan, Retno, Matematika 2, (Jakarta, Universitas Terbuka, 2008.
Agung, Ngurah,

Gusti, I, Statistik Penerapan Metode Analisis, (Jakarta, Grafindo Persada, 2003.
Ahmadi, Abu, Psikologi Umum, (Jakarta, Rineka Cipta, 2009.
Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo, Psikologi Belajar Edisi Revisi, (Jakarta, PT Rineka Cipta, 2008.
Apriani, Rini, dan Megawati, Eka, Intisari Matematika Untuk SMP, (Bandung, CV. Pustaka Setia, 2008.
Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, (Jakarta, Rineka Cipta, 2009.
, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta, Rineka Cipta, 2006.
Belia, Tim, Belajar Ilmu Aritmetika dan Aljabar Belia Cepat, (Bandung, Popy M, 2008.
B. Uno, Hamzah, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif,
(Jakarta, Bumi Aksara, 2007.
Depdiknas, Kamus Matematika, (Jakarta, Balai Pustaka, 2003.
dkk, H. Sunardi, Matematika 3, (Jakarta, PT Bumi Aksara, 2007.
Faisal, Sanafiah, Metodologi Penelitian, (Surabaya, Usaha Nasional, 2000.
Fajri, Zul, Em, dan Senja, Aprilia, Ratu, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, (Jakarta, Difa Publisher, 2008.
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, (Jakarta, Bumi Aksara, 2001.
Harianti, Deasy, Metode Jitu Meningkatkan Daya Ingat , (Jakarta, Tangga Pustaka, 2008.
http://wachjoe.wordpress.com/2011/03/16/ Ingatan-Lupa-Dan–Problem-Solving/, diakses pada 26
Nopember 2011.
http://wachjoe.wordpress.com/2011/03/16/ Ingatan-Lupa-Dan–Problem-Solving/, diakses pada 26
Nopember 2011
http://aniendriani.blogspot.com/2011/02/Ingatan-Memory.html, diakses pada 26 Nopember 2011
Loedji, Soekotjo, Adrian, Willa, Matematika Bilingual, ( Bandung, Yrama Widya, 2009.
Mahir, Yohannes S, , Matematika SMP, (Jakarta, Tim Kendi Mas, 2008.
Margono, S., Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jakarta, Rineka Cipta, 2004.
Nugroho, Sulesna, Kuasai Tuntas Matematika SMP Kelas 1,2,3, (Jakarta, Limas, 2007.
Nurkencana, Evaluasi Hasil Belajar Mengajar, (Surabaya, Usaha Nasional, 2005.
Purwanto, Ngalim, Psikologi Pendidikan, (Bandung, Remaja Rosdakarya, 2002.
Rose, Coline, dan Nicholl, Malcolm J., Accelerated Learning For The 21
st
Century Cara Belajar Cepat
Abad XXI, (Bandung, Penerbit Nuansa, 2002.
Sagala, Syaiful, Konsep dan Makna Pembelajaran, (Bandung, Alfabeta, 2009.
Salamah, Umi, Berlogika Dengan Matematika 2, (Jakarta, PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri, 2009.
Siberman, Elvin L., Active Learning 1001 Cara Belajar Siswa Aktif, (Jakarta, Nusamedia, 2001.
Siswanto, Matematika Inovatif, (Solo, Tiga Serangkai, 2004.
Subana, M., Dasar-Dasar Penelitian Ilmiah, (Bandung, Pustaka Setia, 2005.
Sudirman, Cerdas Aktif Matematika, (Jakarta, Ganeca Exact, 2007.
Sudjana Nana dan Ibrahim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, (Bandung, Sinar Baru Al Gesindo, 2000.
Sugiono, Metode Penelitian Administrasi, (Jakarta, Alfabet, 2007.
Suherman, Erman, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, (Bandung, Jica, 2001.
Sujanto, Agus, Psikologi Umum, (Jakarta, bumi aksara, 2006.
Sukardi, Metodologi Pendidikan, (Jakarta, Bumi Aksara, 2008.
Sukrahmad, Wiranto, Pengantar Metodologi Penelitian, (Bandung, Tarsito, 2000.
Sukmadinata, Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung, PT. Remaja Rosdakarya, 2009.
Suroso, Smart Brain Metode Menghapal Cepat dan Meningkatkan Ketajaman Memori, (Surabaya, SIC.
Group, 2010.
Suryabrata, Sumadi, Psikologi Pendidikan, (Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2002.
Soemanto, Wasty, Psikologi Pendidikan : Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan, (Jakarta, Rineka Cipta,
2006.
Usman, Husaini, Metode Penelitian Administrasi, (Bandung, Alfa Beta, 2009.
Walgito, Bimo, Pengantar Psikologi Umum, (Yogyakarta, Andi, 2004.
Published
2023-11-06
How to Cite
siagian, J., Harahap, M., & Lubis, R. (2023, November 6). PENGARUH TINGKAT DAYA INGAT SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PYTHAGORAS DI SMP NEGERI 3 ANGKOLA SELATAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 42-51. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i3.4015