VALIDITAS LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS PEDULI DAN BERBUDAYA LINGKUNGAN HIDUP DI SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
##plugins.themes.bootstrap3.article.main##
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana validitas perangkat pembelajaran berupa lembar kerja siswa (LKS) berbasis peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah berorientasi pada pemecahan masalah dan rasa ingin tahu siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menyajikan data hasil validator terhadap validitas LKS berbasis peduli dan berbudaya lingkungan hidup di sekolah. Validator terdiri dari dua orang pakar Pendidikan Matematika. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang menunjukkan bahwa LKS memenuhi kriteria valid kategori sangat baik dengan skor rata-rata validasi 109. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan dikategorikan sangat valid. Namun, masih perlu diuji kepraktisan dan keefektifannya.
##plugins.themes.bootstrap3.article.details##
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Referensi
Febriandi, R. F., Susanta, A. S., & Wasidi, W. W. (2019). Validitas Lks Matematika Dengan Pendekatan Saintifik Berbasis Outdoor Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Pembelajaran Dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 2(2), 148–158. https://doi.org/10.33369/dikdas.v2i2.10612
Gitriani, R., Aisah, S., Hendriana, H., & Herdiman, I. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Lingkaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 3(1), 40–48. https://doi.org/10.15642/jrpm.2018.3.1.40-48
Hadinurdina, H., & Kurniati, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 189. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5398
Indahsari, A. T., & Fitrianna, A. Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Spldv. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(2), 77. https://doi.org/10.22460/jpmi.v2i2.p77-86
Kemendikbud. (2019). Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas.
Maimunah Siregar, S., Ahmad, M., Hastini Nasution, F., Fitrhriyah Nasution, N., Kunci, K., Pemecahan Masalah, K., & Pythagoras, M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Penerapan Teorema Pythagoras. Mathematic Education Journal)MathEdu, 4(1), 71–79. http://journal.ipts.ac.id/index.php/
Nuryadi, N., & Khuzaini, N. (2017). Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(2), 57–68. https://doi.org/10.26486/jm.v2i2.370
Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2284–2301.
Putra, A., & Syarifuddin, H. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. 1(November), 56–62.
Putri, A. (2019). Implementasi Program Adiwiyata Dalam Rangka Menciptakan Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. 6(1), 37–47.
Raharja, S., Wibhawa, M. R., & Lukas, S. (2018). Mengukur Rasa Ingin Tahu Siswa [Measuring Students Curiosity]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 14(2), 151. https://doi.org/10.19166/PJI.V14I2.832
Sa’diah, H., Karim, K., & Suryaningsih, Y. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Kearifan Lokal untuk Pembelajaran Matematika SMP. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 1(2), 54. https://doi.org/10.20527/jmscedu.v1i2.4097
Septikasari, R., & Frasandy, R. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al Awlad, VIII, 107–117.
Susanto, H. A. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif. Deepublish.
Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.