ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS (RESITASI) TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 SIRANDORUNG
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pemberian tugas (resitasi) terhadap kemandirian belajar siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Sirandorung. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Sirandorung. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah yaitu sebanyak 35 siswa. Data dan sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi. Teknik analisis data yaitu Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sesuai dengan hasil penelitian yang dilaksanakan diketahui hasil observasi pembelajaran menggunakan metode pemberian tugas sebesar 75.00 pencapaian ini menunjukkan penerapan metode pemberian tugas berada padakategori baik. Dari angket yang disebarkan kepada 35 siswa diketahui skor tertinggi sebesar 95 dan skor terendah sebesar 60. Sedangkan pencapaian nilai rata-rata angket yang dibagikan adalah 80.07 yakni berada pada kategori sangat kuat. Kemudian diketahui sebanyak 14 siswa yang memiliki kategori kemandirian belajar kuat atau sebesar 40% dari jumlah siswa kelas VIII kemudian sebanyak 21 siswa atau 60% yang memiliki kategori sangat kuat. Hal ini menunjukkan melalui penerapan metode resitasi kemandirian belajar siswa sangat kuat.
Referensi
Djaali dan Pudji Muljono. 2008. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.
Djamarah, Syaiful Bahri Dan Zain, Aswan. 2006. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Ibrahim Nurdin, Hubungan Antara Belajar Mandiri Dan Motivasi Berprestasi Dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Terbuka. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 15 No. 1 Juni 2012.
Istarani. 2012. Kumpulan 39 Metode Pembelajaran. Medan: Iscom Medan.
Khoirul Anam. 2015. Pembelajaran Berbasis Inkuiri Metode dan Aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mukhtar Dan Iskandar, 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Jakarta: Gaung Persada Pers.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Banung: Alfabeta.
Sumardiono. 2013. Belajar Mandiri Self-Directed Learning. Jakarta: Rumah Inspirasi.
Umar Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.