PENINGKATAN HASIL BELAJAR STATISTIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI TKR. 2SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN

  • Allan Efrika Sameli Universitas Graha Nusantara
  • Mohd. Arifin Universitas Graha Nusantara
  • Wirna Arifitriana Universitas Graha Nusantara
Keywords: model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Masalah dalam  penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar statistika dengan model pembelajaran kooperatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yaitu penelitian tindakan (action research). Penelitian ini bertujuan untuk Peningkatan hasil belajar siswa serta mengungkap kendala atau kesulitan yang dialami siswa dalam pembelajaran menghitung ukuran pemusatan data melalui Model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division sebagai alat pengumpul data yaitu tes dan observasi guruDari hasil tes awal ini sebesar 61,13 dan terdapat 12 siswa  (37,5 dari 32 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar individu (nilai ≥ 65) sedangkan 20 siswa lainnya (62,5%) belum tuntas (nilai ≤ 65), setelah diberikan tindakan pad siklus I dari 32 siswa, 28 siswa (87,5%) telah mencapai ketuntasan belajar (nilainya ≥ 65) sedangkan 4 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 74,34. Hasil observasi pada siklus I yang mengalami peningkatan dari hasil observasi pada pembelajaran pertemuan I dan pertemuan ke 2, pada pertemuan I hasil observasi guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 3,06 sedangkan untuk pertemuan ke II diperoleh rata0rata sebesar 3,36 dengan nilai rata-rata antara pertemuan I dan ke II sebesar 3,20. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar statistika siswa, dengan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievment division di Kelas XI Tkr.2 SMK Negeri 2 Padangsidimpuan.

References

Abdurrahman, M., (2009), Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar, Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, S. 2006, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : Bumi Aksara
Dimyati dan Mudjiono, (2006), Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta
Djamarah, S.B. dan Aswan Zain, (2006), Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Frida, E. Siregar, (2007), Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV di SD Negeri 142618 Kecamatan Kotanopan, FMIPA, Unimed
Istarani, (2011), 58 Model Pembelajaran Inovatif, Medan: MEDIAPERSADA
Mu`Alimin 2004 Hal. 37 Penelitian Tindakan Kelas Teori Dan Praktik, https://www.researchgate.net/publication/329336266_classromm_Action_Research
Nurhadi, (2004), Kurikulum 2004 Pertanyaan dan Jawaban, Jakarta: Grasindo
Robhinson, A,. (2007). The National Research Center On The Gifted And Talented. Cooperative Learning and the Academically Talented Student. 9106, 12-13
Slameto, (2010), Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Slavin, R. E., (2005), Cooperative Learning, Bandung: Nusa Media
Soedyarto, N. dan Maryanto, 2008, Matematika Untuk SMA dan MA Kelas XI TKR.2 Program IPA, Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
Sudjana, N., (2009), Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Syafini Bt Ismail, (2010), The Effects Of Cooperative Learning In Enhancing Writing Performance, 3, 4-5
Trianto, (2009), Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progres,. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2022-07-02
How to Cite
Sameli, A., Arifin, M., & Arifitriana, W. (2022, July 2). PENINGKATAN HASIL BELAJAR STATISTIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS XI TKR. 2SMK NEGERI 2 PADANGSIDIMPUAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 39-43. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.4060