PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI PONPES SALAPIAH GUNUNG SILAYANGLAYANG

##plugins.themes.bootstrap3.article.main##

Susi Sulastri Lubis Nurdalilah Nurdalilah Rayana Rayana

Abstrak

Perkembangan jaman yang diikuti dengan perkembangan teknologi juga mempengaruhi paradigma pembelajaran, dari yang konvensial menjadi modern, Inovasi teknologi dalam pendidikan sudah semakin canggih, sehinggga materi pelajaran dapat diramu dan disampaikan dengan kemajuan teknologi. Paradigma pembelajaran saat ini lebih berpusat kepada siswa dan guru menempati posisi sebagai fasilitator. Kenyataan yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa keberanian siswa untuk bertanya, mengeluarkan pendapat, serta rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran masih kurang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Project Based Intruction Terhadap Hasil Belajar Siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan dua siklus yang dilaksanakan pada semester pertama dengan Materi Pola Bilangan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII Ponpes Salapiah Gunung Silayang Layang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kemampuan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melaui model pembelajaran Problem Based Intruction (PBI) meningkat sebesar 71,85 dengan kategori “Cukup” pada siklus I, kemudian meningkat menjadi 88,55 dengan kategori “Baik” pada siklus II. Kemampuan Guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Intruction (PBI) meningkat sebesar 9,47%.


 

##plugins.themes.bootstrap3.article.details##

##submission.howToCite##
Lubis, S., Nurdalilah, N., & Rayana, R. (2022, Juli 3). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRUCTION (PBI) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA POKOK BAHASAN PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI PONPES SALAPIAH GUNUNG SILAYANGLAYANG. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(2), 44-50. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v5i2.4061
Bagian
Articles

Referensi

Arend. R. 2008. Cooperative Learning. Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang Kelas. Jakarta: PT Grazindo
Azhar Arsya. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada
Hobri. 2009. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jember: Center Of Society Studies Jember
Ibrahum M, dan Nur M. 2004. Pembelajaran Berdasarkan Masalah. Surabaya: UNESA Univerity Press
Indah Lestari. Pengaruh Waktu Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika, Jurnal Formatif 3(2): 115-125 ISSN: 2088-351X.
Isjoni. 2011. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta
Istarani, Muhammad Ridwan. 2014. 50 Tipe Pembelajaran Kooperatif. Medan: Media Persada
Made Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara
Martinis Yamin. 2008. Paradigma Pendidikan Kontruktivisme. Jakarta: Gaung Persada Press
Muh. Yusuf Mappeasse. 2009. Pengaruh Cara Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Programmable Logic Controller (Plc) Siswa Kelas Iii Jurusan Listrik Smk Negeri 5 Makassar, Jurnal MEDTEK, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2009
M. Ngalim Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya
Nudyansyah, Fitriani. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Terhadap Hasil Belajar Pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru madrasah Ibtidaiyah Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah sidoarjo
Khusnul Khotimah. 2016. Pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil belajar di tinjjauh dari aktifitas belajar. Surakarta
Ridwan Abdullah Sani. 2009. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Rifa’i, A. & C. T. Anni. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Pusat Pengembangan MKU & MKDK UNNES.
Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Robert E Slavin. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media
Oemar Hamalik. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT Bumi Aksara
Sofan Amri. 2015. Implementasi Pembelajaran Aktif dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka
Slameto. 2013. Belajar Dan faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta,
Supardi. 2014. Pengaruh pembelajaran Matematikan realistic terhadap hasil berajar (Jurnal)
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Usman, Nurdin. 2002. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Grasindo
Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kecana Prenada Media Group