PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran Teorema Pythagoras di kelas VIII-B MTS YPKS Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTS YPKS Padangsidimpuan. Untuk sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas sebanyak 30 siswa yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok, dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretest dan posttest, sebagai alat pengumpulan data. Sebelum menguji hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Dari analisis data post-test kemampuan penalaran menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung > ttabel yaitu 10,322 > 1,667 sehingga untuk kedua uji hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.
Referensi
Arifin, Zaenal, (2009). ”Evaluasi Pembelajaran.” Rosda, Bandung.
Harahap, Irfan M., (2009). ”Perbedaan Kemampuan penalaran Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe GI Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa Tahun Pelajaran 2009/2010.” Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Medan.
Hasibuan, Erwina Azizah, and Adek Nilasari Harahap. "Pengaruh Penerapan Model Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan." Jurnal LPPM 9.3 (2019).
Ruseffendi, E. T. (2005). “DasarDasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya.” Bandung: Tarsito.
Sagala, S. (2011). “Konsep dan Makna Pembelajaran.” Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana, (2009), ”Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar.” PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Turmudi. (2008). “Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika”. Disertasi doktor pada PPS IKIP Bandung.
Wahyudin. (2008). “Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran.” Bandung: UPI.
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.