PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIKA SISWA PADA POKOK BAHASAN TEOREMA PHYTAGORAS

  • Rizki Mahriady Universitas Graha Nusantara
  • Nurdalilah Nurdalilah Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
  • Adek Nilasari Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada mata pelajaran Teorema Pythagoras di kelas VIII-B MTS YPKS Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang ada di MTS YPKS Padangsidimpuan. Untuk sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas sebanyak 30 siswa yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-A sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan model pembelajaran Investigasi Kelompok, dan kelas kontrol dengan model pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kelompok sampel penelitian kemudian diberikan pretest dan posttest, sebagai alat pengumpulan data. Sebelum menguji hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Dari analisis data post-test kemampuan penalaran menggunakan uji-t pada taraf = 0,05 diperoleh thitung > ttabel  yaitu 10,322  > 1,667 sehingga untuk kedua uji hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Investigasi Kelompok terhadap kemampuan penalaran matematis siswa.

Referensi

Arends, Richard I., (2008),”Classroom Instruction and Management.” The McGraw-Hill Company, New York.
Arifin, Zaenal, (2009). ”Evaluasi Pembelajaran.” Rosda, Bandung.
Harahap, Irfan M., (2009). ”Perbedaan Kemampuan penalaran Siswa Yang Diajar Menggunakan Model Kooperatif Tipe GI Dengan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa Tahun Pelajaran 2009/2010.” Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan, Medan.
Hasibuan, Erwina Azizah, and Adek Nilasari Harahap. "Pengaruh Penerapan Model Investigasi Kelompok Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Pokok Bahasan Aritmatika Sosial Di Kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan." Jurnal LPPM 9.3 (2019).
Ruseffendi, E. T. (2005). “DasarDasar Penelitian Pendidikan dan Bidang Non-Eksakta Lainnya.” Bandung: Tarsito.
Sagala, S. (2011). “Konsep dan Makna Pembelajaran.” Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana, (2009), ”Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar.” PT Remaja Rosdakarya, Bandung.
Turmudi. (2008). “Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika”. Disertasi doktor pada PPS IKIP Bandung.
Wahyudin. (2008). “Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran.” Bandung: UPI.
Diterbitkan
2022-07-03