PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMART BOOK BERBANTUAN BOOK CREATOR TINGKAT SMP DITINJAU DARI SEGI KEVALIDAN

  • Jamiatun Nasikhah Universitas Islam Zainul Hasan
  • Athar Zaif Zairozie Universitas Islam Zainul Hasan
  • Darwin Djeni Universitas Islam Zainul Hasan
Kata Kunci: media pembelajaran matematika, smart book, book creator

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran matematika smart book berbantuan book creator tingkat SMP yang valid. Penilitian ini menggunakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik angket. Hasil analisis penilaian ahli media yakni memiliki skor rata-rata 95,5 yang berarti media dinyatakan dalam kategori valid oleh ahli media. Hasil analisis penilaian ahli materi yakni memiliki skor rata-rata 94 yang berarti media dinyatakan dalam kategori sangat valid oleh ahli materi.

Referensi

Agung, G., Wulandari, A., Dantes, N., & Tika, N. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD (Studi Kasus Di Gugus Letkol Wisnu Denpasar Utara). E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(3), 1–10.
Anggraini, L., Refianti, R., & Adha, I. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA ADOBE FLASH BERBASIS KONTEKS LUBUKLINGGAU DITINJAU DARI SEGI KEVALIDAN. Journal of Mathematics Science and Education, 3(2). https://doi.org/10.31540/jmse.v3i2.1269
Aprillianti, P., & Wiratsiwi, W. (2021). Pengembangan E-Book Dengan Aplikasi Book creator Pada Materi Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masayarakat, 6(1), 80–88. Retrieved from http://prosiding.unirow.ac.id/index.php/SNasPPM
Feriandi, Y., & Indrakusuma, A. H. (2019). Pengembangan Media Interaktif Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Materi Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa Kelas X. DoubleClick: Journal of Computer and Information Technology, 3, 7–11.
Gil Ignacio, N., Blanco Nieto, L. J., & Guerrero Barona, E. (2006). THE AFFECTIVE DOMAIN IN MATHEMATICS LEARNING. International Electronic Journal of Mathematics Education, 1(1), 16–32. Retrieved from www.iejme.com
Hasibuan, L., Elindra, R., & Harahap, S. D. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Di Tinjau Dari Minat Belajar Matematika Siswa Selama Pandemi. JURNAL MathEdu …, 5(1), 48–52. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/2737
Irianti Putri, D., Pratikto, H., & Wishnu Wardana, L. (2016). Pengembangan Media Autoplay untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Prinsip-Prinsip Bisnis . Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Manajemen, 2(2), 133–138.
Larson, R., & Farber, B. (2015). Elementary statisticts: Picturing the world (6 ed.). Boston: Pearson Education.
Pandra, V., Kartowagiran, B., & Sugiman. (2021). Instrument Test Development of Mathematics Skill on Elementary School. Mathematics and Statistics, 9(2), 106–111.
Puspitasari Verdiana, Rufi’i, & Adi Walujo Djoko. (2020). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DENGAN MODEL DIFERENSIASI MENGGUNAKAN BOOK CREATOR UNTUK PEMBELAJARAN BIPA DI KELAS YANG MEMILIKI KEMAMPUAN BERAGAM. Jurnal Education and Development, 8(4), 310–319.
Sri Anggoro, B. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 122–129.
Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 (Jakarta: Sinar Grafika, 2013):2.
Widoyoko, E. P. (2017). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Diterbitkan
2022-07-02