ANALISIS PENERAPAN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA
Abstract
Matematika sebagai ilmu dasar yang merupakan suatu alasan pembelajaran matematika dikemas baik mungkin agar mudah dipahami siswa. Tujuan umum pembelajaran matematika dituangkan dalam garis-garis besar program pengajaran matematika yaitu mempersiapkan siswa agar sanggup menghadapi perkembangan dunia dengan adanya dasar pemikiran secara logis, rasional kritis, cermat, jujur, efektif dan efeisien. Tujuan pembelajaran matematika sebagai pembentukan sifat pola pikir kritis dan kreatif tersebut menuntut siswa mengikuti perkembangan kehidupan dan teknologi. Metode penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitiatif. Setelah melakukan pembelajaran dengan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika maka peneliti mendapatkan hasil yang diinginkan yaitu hasil angket tentang motivasi belajar siswa yang mencapai 90 dengan kategori sangat baik dan hasil angket respon siswa dalam penggunaan aplikasi geogebra yang mencapai 75,93 digunakan melalui aplikasi geogebra yang mencapai kriteria layak untuk dipakai.
References
Hasibuan. 2007. Motivasi. Jambi: Universitas
Hohenwater. 2008. Geogebra. Yogyakarta: Alfabeta.
Jogiyanto. 2007. Kemudahan Penggunaan Teknologi Informasi. Bandung: Cipta pustaka Media
Lavicza. 2010. Geogebra. Jakarta: Artikel
Mulyana. 2008. Tujuan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Mustaqim. 2004. Belajar. Universitas: Taman Siswa
Rangkuti. 2014. Sumber Data. Jakarta: Bumi Aksara
Robbin. 2002. Motivasi Belajar Siswa. Surabaya: Rineka.
Roger. 1986 Pengertian Teknologi. Bandung: Cipta
Roslian Lubis. 2022. Analisis Motivasi Belajar Selama Pandemi Covid-19 Dilikungan I Kelurahan Pasar Batu Gerigis Kecamatan Barus. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal) Vol. 5 No. 1 Hal 53-60.
Russefendi. 1988. Pengajaran Matematika Modern dan Masa Pengajaran Kini untuk Guru. Bandung: Tarsito.
Silalahi. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode penelitian Pendidikan. Cetakan ke 25 Maret. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Belajar. Pustaka: Belajar
W. Gulo.2002. Metode Penelitian. Jakarta: Gramedia.