EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 ANGKOLA SELATAN

  • eva lesmana ipts
Keywords: Efektivitas, Pendekatan Open-Ended, Kemampuan Penalaran Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas pendekatan open-ended terhadap kemampuan penalaran Matematis Siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Angkola Selatan dengan populasi sebanyak 169 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Tenik pengambilan sampel yang digunakan adalah Cluster Random Sampling, adapun kelas yang menjadi sampel adalah kelas VIII-2 berjumlah 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan Desain Eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design, yakni untuk melihat kemampuan penalaran matematis siswa dengan pengukuran sebanyak dua kali yaitu sebelum dan sesudah perlakuan. Pengumpulan data menggunakan Lembar Observasi dan Tes. Untuk menganalisis data digunakan Analisis deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil perhitungan menggambarkan bahwa nilai Penggunaan pendekatan open-ended adalah 78% termasuk dalam kategori “Baik”. Nilai rata-rat Kemampuan penalaran matematis siswa sebelum menggunakan pendekatan open-ended sebesar 54,54 berada dalam kategori “kurang”. Sedangkan Kemampuan penalaran matematis siswa sesudah menggunakan pendekatan open-ended mencapai nilai rata-rata 72,08 termasuk dalam kategori “Baik”. Nilai signifikan yang diperoleh adalah 0,000 < 0,05. Artinya Efektivitas yang signifikan antara pendekatan open-endedterhadap Kemampuan penalaran Matematis Siswa di kelas VIII SMP Negeri 3 Angkola Selatan. Dengan perolehan skor Effect size adalah 0,44 berada pada kategori “sedang”. Artinya pendektan open-ended efektif digunakan dan dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa di SMP Negeri 3 Angkola Selatan.

 

Published
2018-12-04
How to Cite
lesmana, eva. (2018, December 4). EFEKTIVITAS PENDEKATAN OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 3 ANGKOLA SELATAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(2), 36-44. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/462