Pengembangan Instrumen Tes Penalaran Matematis Siswa Kelas IX H di SMPN 5 Kota Serang
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah instrumen tes yang valid dan reliabel yang dapat mengukur penalaran matematis peserta didik dengan melihat prosedur pengembangan dan kualitas instrumen tes penalaran matematis yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian research and development (R&D). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model 4-D (four D models) yaitu Define, Design, Develop, and Disseminate. Pendefinisian meliputi dua tahapan yaitu a) studi lapangan b) mengkaji sarana-prasarana sekolah, dan proses pembelajaran matematika. Penelitian ini melibatkan 3 orang pakar dan 25 peserta didik kelas IX H SMPN 5 Kota Serang. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan, diperoleh bahwa: (1) instrumen tes peningkatan penalaran matematis sudah dikatakan “valid” oleh pakar karena berdasarkan formula Aiken’s diperoleh rata-rata 0,62. (2) instrumen tes peningkatan penalaran matematis sudah dikatakan reliabel oleh pakar dengan nilai 0,81 dengan kategori tinggi menurut Goilford. (3) uji validitas empirik dikatakan valid karena nilai rxy (hitung) > rxy (tabel). (4) koefisien reliabilitasnya 0,637 termasuk kriteria tinggi. (5) 6 peserta didik (24%) memiliki kemampuan penalaran matematis dengan kategori sangat baik, 6 peserta didik (24%) dengan kategori baik, 6 peserta didik (24%) dengan kategori cukup, 3 peserta didik (12 %) dengan kategori kurang, dan 4 peserta didik (16%) dengan kategori sangat kurang. Dengan demikian instrumen yang dikembangkan ini dapat diandalkan dan dapat digunakan sebagai instrumen pengumpulan data penelitian.
Article Details
Authors who publish with this journal retain copyright to their articles. However, they grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
References
Aisyah, S. N. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TG. MORAWA. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/46174
Anggraini, N. Z. (2021). PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs YP. NURUL IMAN TANJUNG MORAWA. Retrieved from http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45966
Angriani, A. D., Nursalam, N., & ... (2018). Pengembangan Instrumen Tes untuk Mengukur Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AULADUNA: Jurnal …. Retrieved from http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/auladuna/article/view/211-223
Ariati, C., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis: Systematic Literature Review. LEMMA: Letters of Mathematics …. Retrieved from https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/jurnal-lemma/article/view/5745
Fitrianty, F., Yunita, A., & Juwita, R. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SMP Negeri 12 Padang. Lattice Journal: Journal of …. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/2u36tv3xbfdgnkklkw3nzcwfqu/access/wayback/https://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/lattice/article/download/5337/pdf
Jatiningrum, N. G., & Suratman, D. (n.d.). PENGEMBANGAN SOAL TES PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN PENALARAN MATEMATIS MATERI EKSPRESI ALJABAR KELAS VII SEKOLAH MENENGAH …. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …. Retrieved from https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/28045
Kusumaningtyas, N., Parta, I. N., & Susanto, H. (2022). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Saat Pembelajaran Daring. … : Jurnal Pendidikan Matematika. Retrieved from https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/1019
Nababan, S. A. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa melalui model problem based learning. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. Retrieved from https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/gm/article/view/386
Ndiung, S., & Jediut, M. (2020). Pengembangan instrumen tes hasil belajar matematika peserta didik sekolah dasar berorientasi pada berpikir tingkat tinggi. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan …. Retrieved from https://www.researchgate.net/profile/Sabina-Ndiung/publication/341800070_Pengembangan_instrumen_tes_hasil_belajar_matematika_peserta_didik_sekolah_dasar_berorientasi_pada_berpikir_tingkat_tinggi/links/5ed5a12c458515294527e691/Pengembangan-instrumen-tes-ha
Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of …. Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE/article/view/19497
Saputri, S. W. (2022). … CONFIDENCE TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN PROPORSIONAL MATEMATIS SISWA DI KELAS X PADA MATERI PERSAMAAN DAN FUNGSI KUADRAT …. Retrieved from https://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/20235
Setiana, D. S. (2018). Pengembangan Instrumen Tes Matematika Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi …. Retrieved from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=1009741&val=15308&title=PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MATEMATIKA UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Suprihatin, T. R., Maya, R., & ... (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP pada materi segitiga dan segiempat. Jurnal Kajian Pembelajaran …. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/2819
Vebrian, R., Putra, Y. Y., Saraswati, S., & ... (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Kontekstual. … Pendidikan Matematika. Retrieved from https://scholar.archive.org/work/tcayuvkzsjevbegstw2o4nsqeu/access/wayback/https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/download/4369/pdf
Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMA pada materi limit fungsi. JPMI (Jurnal Pembelajaran …. Retrieved from http://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/jpmi/article/view/657