PENINGKATAN KREATIVITAS DAN HASIL BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS LKPD
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar dan mendeskripsikan peningkatan kreativitas peserta didik kelas XI TPMIB dalam pemecahan masalah kontekstua materi persamaan dan fungsi kuadrat melalui penerapan Problem Based Learning berbasis LKPD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari tiga siklus. Masing-masing siklus terdiri beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi,dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan pada penelitian ini adalah dokumentasi, tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif komparatif yang berupa presentase antara pra siklus dan setelah siklus untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan kreativitas peserta didik. Berdasarkan hasil belajar pada siklus I dapat diketahui nilai rata-ratanya meningkat yang semula dari pra siklus sebesar 57,78 dengan ketuntasan 28% menjadi 59,58 dengan ketuntasan 31% pada siklus I, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 66,80 dengan ketuntasan 53% dan meningkat pada siklus III menjadi 71,67 dengan ketuntasan 72%. Kreativitas peserta didik juga meningkat dari siklus satu ke siklus berikutnya. Hasil ini diperkuat dengan hasil pekerjaan dan berbagai cara yang digunakan peserta didik dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan persamaan dan fungsi kuadrat. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disimpulkan bahwa model pembelajaran “Problem Based Learning Berbasis LKPD ” dapat meningkatkan hasil belajar dan kreativitas peserta didik.
References
Eismawati, E., Koeswanti, H. D. & Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD dalam Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika. ISSN: 2548-1819; Vol.3(2):71-78. http://dx.doi.org/10.26486/jm.v3i2.694
Fuad, N. M., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning.International Journal of Instruction. p-ISSN: 1694-609X;e-ISSN: 1308-1470; Vol.10(1):101-116. http://www.e-iji.net
Herpratiwi, Effendi, R. & Sutiarso, S. ( 2021 ). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar dalam Jurnal Basicedu. p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147; Vol.5(2):920-929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Imran., Sulastri., &Arif, F. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3(1), 92.
Kaharuddin, A. (2018). Effect of Problem Based Learning Model on Mathematical Learning Outcomes of 6th Grade Students of Elementary School Accredited B in Kendari City. International Journal of Trends in Mathematics Education Research. E-ISSN : 2621-8488; Vol.1(2): 43–46. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i2.14
Kunandar.(2011). Langkah mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Madang, K., Tibrani, M. M. & Santoso, L. M. ( 2019 ). Implementation of Problem Based Learning (PBL) Models Supported by Pedagogical Agents for Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Learning Invertebrate ZoologyImplementation of Problem Based Learning (PBL) Models Supported by Pedagogical Agents for Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Learning Invertebrate Zoology dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. P-ISSN. 2460-2612 E-ISSN. 2580-0922 ; Vol 5 ( 3 ) : 262-272. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.7916
Marfu’ah, S., Zaenuri, Z., Masrukan, M., & Walid, W. (2022). Model Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa dalam Jurnal PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika. ISSN 2613-9189; Vol.5:50-54.
Masitoh, L. F., & Hartono, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan PBL Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Self-Efficacy dalam Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika. ISSN 2527-421X; Vol.12(2):220–230.
https://doi.org/10.21831/pg.v12i2.15769
Meilasari, S., Damris M, D. M., & Yelianti, U. (2020). Kajian Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran di Sekolah dalam BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains. e-ISSN : 2598-7453 Vol.3(2):195-207. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/bioedusains.v3i2.1849
Mulyanto, H., Gunarhadi, & Indriayu, M. (2018). The Effect of Problem Based Learning Model on Student Mathematics Learning Outcomes Viewed from Critical Thinking Skills. International Journal of Educational Research Review. Vol.3(2): 37–45. https://doi.org/10.24331/ijere.408454
Mustamilah. (2015). Peningkatan Keterampilan Proses Dan Hasil Belajar Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Sub Tema Merawat Tubuhku Siswa Kelas 1 SD Negeri Gosono- Wonosegoro. Jurnal Scholaria. 5(1), 95-100.
Prayoga, A. & Setyaningtyas, E. W. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas V dalam Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika. P-ISSN: 2614-3038; E-ISSN : 2579-9258; Vol.5(3):2652-2665. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.938.
Rosalia, S.S.S. (2017). Pembelajaran Bervisi Sets Model Problem Based Learning Pada Materi Daur Ulang Limbah. Jurnal Scholaria. 7(3), 264-265.
Sulaiman. (2019). Memecahkan Masalah Sehari-hari dengan Matematika. Bandung: Penerbit Duta
Syafiyah, Sari, D.I., & Faulina, R ( 2022 ). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Melalui Pembelajaran Terbimbing Daleman Galis dalam Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal). ISSN. 2621-9832; Vol 5(3) http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu
Titi, S. (2017). Upaya Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Menggunakan Metode Tanya Jawab Pada Mata Pelajaran Tematik. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. 2(1), 70-71
Wahyudi, & Swadani, T. W. ( 2019 ). Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Kelas IV SDN Kartodipuran Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE). P-ISSN 2477-829X ; E-ISSN 2541-4070; Vol.5(1):77-88. https://dx.doi.org/10.37729/jpse.v5i1.5667
Widi, W.K.,& Medianita, M.S. (2018). Peningkatan Kreativitas Belajar Ipa Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Didaktika Dwija Indria. 6(8), 170.
Yesi, B. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi Um Metro. 3(1), 72.
Yusuf, A. M. (2017). Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Kencana
Zaenuri, Firdaus, A., Asikin, M. & Waluya, B. ( 2021 ). Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika Siswa dalam Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama. P-ISSN: 1907-6355; E-ISSN: 2656-977; Vol.13(2):187-200. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.871