ANALISIS PENGGUNAAN METODE RESITASI DAN DISKUSI KELOMPOK PADA MATA KULIAH KIMIA DASAR DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode resitasi dan diskusi kelompok pada pembelajaran kimia dasar. Metode Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Peneliti yang merupakan dosen pengajar pada program studi pendidikan matematika Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, menemukan permasalahan bahwa pada mata kuliah kimia dasar yang ditempuh mahasiswa semester I ternyata masih banyak mahasiswa yang merasa sulit dalam memahami mata kuliah kimia dasar. Pembelajaran mata kuliah kimia dasar menggunakan metode resitasi dan diskusi kelompok yaitu dengan menerapkan pemberian tugas mandiri dan kelompok baik didalam kelas maupun luar kelas. Pada penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode resitasi dan diskusi kelompok mampu memberikan dampak positif terhadap partisipasi, mampu meningkatkan keaktifan dan tanggung jawab serta hasil belajar mahasiswa dalam pembelajaran mata kuliah kimia dasar.
References
Halawa, E. dan Chrismastianto, I.A.W. (2021). Penerapan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Keterlibatan Aktif Siswa Dalam Pencapaian Tujuan Pembelejaran Sejarak Kelas X-IPS. Jurnal Kairos, Vol 1 (1), 54-77.
Hamdayana, Jumanta. (2015). Model Dan Metode Pembelajaran Kreatif Dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.
Hidayati, dkk. (2016). Metode Resitasi pada perkuliahan proses industri kimia. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran.
Indriano, V dkk. (2019). Pengaruh Metode Resitasi Dengan Menggunakan Lembar Aktivitas Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Jomas, Vol 1(1), 20-23.
Kasiram, M. (2010). Meodologi Penelitian kualitatif-kuantitatif. Cet. 2; Malang: UIN Maliki Press.
Khairuddin. (2018). Skripsi Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemandirian Belajar Peserta Didik Kelas XI Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Man 2 Parepare. Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Dan Adab Institut Agama Islam Negeri (Iain) Parepare: Pare-Pare.
Magdalena, M. (2021). Analisis Penggunaan Metode Resitasi Pada Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Akademi Akuntansi, Vol 4 (2). P.186-198. (ejournal.umm.ac.id/index.php/jaa).
Mulyana,Ai. (2017). Metode Diskusi (Diskusi Kelompok). diakses pada 2 desember 2022, dari Inamulyana.blogspot.com
Moleong, Lexy J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pradika Lisa dan Syamsuri (2019. Pengaruh Diskusi Kelompok Dalam Pembelajara Matematika Terhadap Sikap Dan Hasil Belajar Siswa SMP Di Kota Serang. Jurnal Pedidikan Penajaran Matematika, Vol 1(1) , 47-59.
Riadi, M. (2021). Metode Diskusi: Pengertian, Tujuan , Jenis, Langkah-Langkah Dan Hambatan. Diakses pada 2 desember 2022, dari www.kajian pustaka.com
Siadi,K .Dkk. (2009). Komparasi Hasil Belajar Kimia Antara Siswa Yang Diberi Metode Drill Dengan Resitasi. Jurnal Inovasi Penidikan Kimia.( Journal.Unnes.Ac.Id)
Sudiarti, S. (2021) . Peningkatan Prestasi Belajar Kimia Melalaui Penerapan Kombinasi Metode Diskusi Kelompok Dan Penugasan Terstruktur. Jurnal Inovasi Riset Akademik,Vol 1(1).
Sugiyono. (2017). Statistika Untuk Penelitian. Cet. 28; Bandung: Alabeta.
Werdiningsih, C. E. (2020). Analisis Metode Implementasi Metode Pemebelajaran Resitasi Berbasis Online Pada Mata Kuliah Geometri Transformasi. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta Pgri, Jakarta. 151-158
Wulansari, E. (2022). Analisis Metode Resitasi Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MI Ihsaniyah kota Jambi. Jurnal Ad-Dhuha, Vol 3 (1). Https:// Online-Journal.Unja.Ac.Id/Ad-Dhuha