ANALISIS KARAKTERISTIK SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI MTsS AT-THOHIRIYAH AEK BONBAN

  • Pangadilan Armawi Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) Padangsidipuan
  • Rahmatika Elindra . Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) Padangsidipuan
  • Muhammad Syahril Harahap Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) Padangsidipuan
Keywords: Hasil Belajar, Kemampuan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana karakteristik siswa melalui penerapan pembelajaran dimasa pandemi covid-19 di MTsS At-Thohiriyah Aek Bonban. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. data yang diperlukan. Dalam hal ini, teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Dalam pengecekan data peneliti menggunakan teknik pemeriksaan triangulasi. Sumber data adalah 1 Guru sebagai subjek penelitian aerta 10 siswa dan 3 siswa sebagai subjek penelitian. Dalam segi Religius siswa diberi kesempatan dalam berdoa dan beribadah, tetapi tetap dalam pantauan dan waktu yang dibuat oleh pihak sekolah. Dalam segi Kejujuran siswa jujur pada saat diberi tugas oleh guru, dan memiliki tanggung jawab untuk mengerjakan tugas sendiri. Dalam segi Toleransi siswa memiliki rasa toleransi yang tinggi dalam bertutur kata, menghargai, dan menghormati satu sama lain, Dalam Segi Kedisiplinan siswa selalu membiasakan diri untuk selalu mematuhi aturan dan selalu hadir tepat waktu. Dalam segi Kerja Keras siswa selalu berusaha dan belajar dengan semaksimal mungkin, agar hasil yang didapat juga sesuai dengan yang mereka harapkan. Dalam segi Kreatif siswa merasa dengan terciptanya sebuah situasi belajar yang menyenangkan dan juga dengan tugas-tugas yang memiliki tingkat kesulitan nya sendiri membuat rasa  ke kreatifan siswa muncul dengan sendirinya. Dalam segi Mandiri siswa berusaha untuk melakukan suatu kegiatan menurut kemampuan mereka sendiri, dan berupaya untuk tidak bergantung pada orang lain. Dalam segi Demokratis siswa selalu bermusyawarah dalam mengambil sebuah keputusan, dan juga siswa selalu menghormati dan menghargai setiap pendapat yang diberikan dari orang lain.

References

Eferko, Gema. 2019. “Analisis Krakteristik Peserta Didik dalam Pembelajaran Fisika Untuk Pengembangan Buku Digital (e-book) Fisika SMA Berbasis Model Discovery Learning “.Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika.Volume 5 halaman 139-146.
Eka, Wayan. 2020. ” Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Daring “. Univertas Dwijendra. Volume 3.
Hamid, Abdul & Jaenudin, Riswan. 2018 “ Analisis Nilai-Nilai Karakter Siswa Pada Pembelajaran Ekonomi di SMA Negri 2 Tanjung Raja “. Jurnal Profit.Volume 5.
Kurniawati, Rizki & Irsyadillah. 2018 “ Analisis Nilai Karakter Siswa”.Jurnal Master Bahasa.Volume 6 halaman 103-114.
Nurul Hidayah “ Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Disekolah Dasar ”. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar.Volume 2 Nomor 2 Desember 2015.
Ria Simanjuntak Dosmika, Ritonga Muhammad Nau, Harahap Muhammad Syahril. 2020 “ Analisis Kesulitan Belajar Siswa Melaksanakan Pembelajaran Secara Daring Selama Masa Pandemi Covid 19”. Jurnal MathEdu ( Mathematic Education Journal).
R. Simanungkalit Nurhazana, Elindra Rahmatika,Ardiana Nunik. 2020 “ Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di SMP-IT Bunayya Padangsidimpuan”. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal).
Suparman, Atwi.2001. Mengajar di Perguruan Tinggi ( Konsep Dasar Pengembangan Kurikulum. Departemen Pendidikan Nasional.
Suryandari, Wuli. 2020. “ Studi Pendahuluan Karakteristik Pembelajaran Online Fisika Selama Masa Pandemi Covid-19 “.Jurnal Pendidikan Dasar.
UU Nomor 20 tahun 2003. System Pendidikan Nasional
Published
2023-11-06
How to Cite
Harahap, P., ., R., & Harahap, M. (2023, November 6). ANALISIS KARAKTERISTIK SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19 DI MTsS AT-THOHIRIYAH AEK BONBAN. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 6(3), 71-75. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v6i3.4725