ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS X SMK NEGERI 1 MARANCAR DI MASA PANDEMI COVID-19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran penggunaan google classroom terhadap hasil belajar matematika kelas x SMK Negeri 1 Marancar dimasa pandemic covid-19. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Wawancara, angket, dan dokumentasi digunakan untuk menggumpulkan data. Teknik analisis data menggunakan triagulasi. Sumber data adalah 1 guru sebagai subjek penelitian serta 10 siswa dan 3 siswa sebagai subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil penelitian yang dilakukan kepada guru dan siswa maka dapat diketahui bahwa penggunaan google classroom berkaitan terhadap hasil belajar, hal ini dapat dilihat dari factor yang mempengaruhi yaitu kecerdasan anak, kesiapan anak, bakat anak, kemampuan belajar anak dan minat belajar siswa sangat kurang hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan yang dilakukan berbeda selama masa pandemi covid-19. Pada masa ini pembelajaran dilakukan secara daring dengan menggukan google classroom. Penggunaan aplikasi google classroom selama masa pendemi ini membuat kecerdasan anak, kesiapan anak, bakat anak, kemampuan belajar anak dan minat siswa sangat kurang karena mereka lebih banyak meluangkan waktu untuk bermain dibandingkan untuk belajar. Sedangkan factor luar yang mempengaruhi yaitu sulitnya memahami materi yang diberikan guru melalui aplikasi google classroom, tampilan aplikasi kurang menarik yang membuat siswa cepat bosan saat melaksanakan proses pembelajaran google classroom dianggap tidak menarik dan membuat siswa sulit memahami materi karena materi yang diberikan hanya berbentuk pdf, maka hal tersebutlah yang membuat hasil belajar siswa menurun.
References
Ahmad, M dan Nasution, D, P. (2018). Analisis Kualitatif Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Yang Diberi Pembelajaran Matematika Realistic. Jurnal Gantang, Vol. III, No. 2:83-95.
Anjarsari, P., & Karim, A. (2020). Analisis Video Pembelajaran Matematika Tingkat SMA Sederajat. Prosiding Seminar Nasional dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 247-254.
Darmawan, Yuda dan Drs. Ariyanto, S.Pd. (2019). Penggunaan Aplikai Google Classrooom Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Ada Siswa Kelas X Ips SMA Batik 2 Surakarta. Skripsi. Surakarta: Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan , Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ernawati. (2018). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Google Classroom Terhadap Kualits Pembelajaran Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di MAN 1 Kota Tangerang Selatan. Skripsi. Jurusan Endidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan , Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Fadillah, Ahmad. 2016. Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika. Vol.1, No.2:113-122.
Handarini, Oktafia Ika dan Wulandari Siti Sri.(2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (SFH) selama pandemi covid-19. Jurnal pendidikan administrasi perkantoran (JPAP) Vol.8, No.3:496-499.
Harahap, Muhammad Syahril. (2018). Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dengan menggunakan bahan ajar RME (Realistic Mathematic Education). Jurnal education and development IPTS, Vol.3, No.2:57.
Harianja, Sri Rohana. (2021). Wawancara pada tanggal 05 Maret 2021.
Kamulyan, M, S dan Wardhana, Y, E. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Tentang Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pembelajaran Kontektual Di Kelas IV SD Muhammadiyah 22 Sruni Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Miftah, M. (2019). Fungsi Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal Kwangsan, Vol.1, No. 2:95-104.
Nirfayanti dan Nurbaeti.(2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classrom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Penelitian Matematika Dan Pendidikan.Vol.1. No. 2:51-59.
Nur rahmah,(2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi, Vol. 2, No. 1, hal. 1-10.
Pane, Aprida dan Dasopang, Muhammad Darwis.(2017). Belajar dan pembelajaran. Jurnal kerajinan ilmu-ilmu keislaman Vol.03. No.02:333-339.
Rizqon halal syah aji. (2014). Khazanah sains dan matematika dalam islam. Jurnal sosial dan budaya syar’i, Vol. 1, No. 1, hal. 23-25.
Sadikin, Ali dan Hamidah, Afreni.(2020).Pembelajaran daring ditengah wabah covid-19. Jurnal ilmiah pendidikan biologi, Vol.6, No.2:214-224.
Silalahi, Ulber. 2012. Metode penelitian sosial. Bandung: Refika Aditama.
Simanungkalit, N, R,. Elindra, R,. Ardiana, N. (2020). Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Di SMP_IT BUNNAYYA Padangsidimpuan. Jurnal Mathedu ( Mathematic Education Journal), Vol. 3, No. 3:59-66.
Simatupang, Nova Irawati, dkk. (2020). Efektivitas pelaksanaan pengajaran online pandemi covid-19 dengan metode survey sederhana. Jurnal dinamika pendidikan, 13(2).pp. 197-203.ISSN 2620-3952.
Sugiyono, 2011. Metode penelitian kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Sutrisno, B. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Teropong Pecahan Di Kelas V Sekolah Dasar. Artikel Penelitian.
Wassahua, S. (2016). Analisis Gaya Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri Karang Jaya Kecamatan Namlea Kabupaten Buru. Jurnal Matematika Dan Pembelajarannya, Vol. 2, No. 1:84-103.
Yo, Ceng Giap, Riki, Sonny Santoso, Rini Novianti, dkk. (2020). Pembelajaran E-learning dimasa pandemi covid-19. Yogyakarta: Budi utama.
Yuswanti.(2015). Penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siwa pada pembelajaran IPS di kelas IV SD PT. Lestari Tani Teladan (LTT) Kabupaten Donggala. Jurnal kreatif tadulako online. Vol .3, No. 4:185-193.