KAJIAN MATEMATIS PENGARUH STATUS EKONOMI KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI SISWA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 TELUKDALAM TAHUN PEMBELAJARAN 2020 / 2021
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status ekonomi keluarga terhadap perilaku konsumsi
siswa. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 1 Telukdalam Kelas XI Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI pada tahun akademik 2020.
Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan jumlah responden sebanyak 30 orang. Hasil uji hipotensis
diperoleh bawha thitung =14,753 > ttabel =1,693 atau Ha diterima artinya variabel status ekonomi keluarga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi siswa dikelas XI SMA Negeri 1 Telukdalam. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah analisis regresi sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan: “Terdapat pengaruh positif dan signifikan status ekonomi keluarga terhadap
perilaku konsumsi siswa di kelas XI SMA Negeri 1 Telukdalam”. Berdasarkan kesimpulan diatas maka dapat
disimpulkan bahwa semakin tinggi status ekonomi keluarga,maka akan semakin tinggi perilaku konsumsi siswa di
SMA Negeri 1 Telukdalam
References
Hlm.
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: CV. Mandar Maju
Soerjono Sukanto. (2010). Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta : Raja Grafindo
Schiffman, Leon G dan Kanuk, Leslie Lazar. (2008). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh. Jakarta : PT Indeks
Schiffman, Leon G dan Kanuk Leslie Lazar, (2004). Perilaku Konsumen Edisi Ketujuh, Jakarta: PT Indeks
Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan. Jakarta : Rineka Cipta
Sugiyono, 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alvabeta
________, 2012. Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alvabeta
________, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV.
Alvabeta
Svalastoga, Kaare. (2010). Diferensiasi Sosial. Jakarta : Bina Aksara
Tatik Suryani.(2008). Perilaku konsumen: Implikasi pada strategi pemasaran. Yogyakarta:Graha Ilmu
T.Gilarso, Pengatar Ilmu Ekonomi Mikro, (Yogyakarta: Konisius 2003)
Ujang Sumarwan. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor : Ghalia Indonesia
Umar, Husein. 2009. Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: Rajawali Persada.
Wahyudi Adji. (2004). Ekonomi SMA. Jakarta : Erlangga
Weber, M. (1978). Economy and Society. Berkley : University of California Press
Winaryo, Kiki. 2017. Pengaruh Status Sosial Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumsi
Siswa Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi –
Universitas Negeri Yogyakarta.
Wirawan, Yahya eka. 2015. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap